18 September 2017

SUKARJA DAN FISIOTERAPI BALI UNITED BERBAGI CERITA SOAL PENGALAMAN CEDERA PESEPAKBOLA

    Bali United Goes To Campus kali ini mendatangi kampus Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana. Kedatangan Bali United bersamaan dengan seminar fisioterapi. Dari tim Bali United sendiri hadir Elsar Hayer sebagai pengajar, I Putu Gede Surya Aditya sebagai fisioterapi Bali United dan I Nyoman Sukarja yang tentu sudah tidak asing lagi sebagai salah seorang pemain Bali United.
    Dalam kesempatan tersebut, Surya Aditya mengatakan, cedera untuk seorang pemain sepak bola memang hal paling ditakuti. Hal tersebut karena cedera bisa mengganggu pekerjaannya dari para atlet.
    "Selain fisik, psikis juga penting bagi penyembuhan atlet yang cedera. Jika seorang atlet semangat untuk sembuh dan bermain lagi, bisa jadi pemulihannya menjadi lebih cepat. Biasanya seorang atlet sepak bola paling sering cidera ketika terbentur pada lutut dan tertarik ototnya pada saat latihan. Apapun cideranya harus ditangani dengan cara tepat dan cepat," ujar Surya Aditya.
    Sukarja pun bercerita pengalamannya sebagai atlet sepak bola saat mengalami cedera. Dulu saat belum bermain secara profesional, Sukarja mengaku ia pergi ke tukang urut saat mengalami cedera. Suatu hal yang ternyata dilarang oleh fisioterapi karena ditakutkan dapat memperparah cedera.
    Kegiatan ini menjadi menarik ketika sesi tanya jawab dibuka. Bermacam-macam pertanyaan dilontarkan kepada fisioterapi dan Sukarja. Sukarja pun menceritakan bagaimana ia tetap berlatih sendiri walau tanpa tim. Ia juga mengaku mengatur pola makan serta disiplin waktu dan tahu kapan harus beristirahat dan berlatih.
    “Fisioterapi punya peran penting di Bali United. Perannya sangat membantu pekerjaan saya dan pemain lainnya. Saya pribadi merasa sangat ditolong dari awal cidera sampai saya sembuh dan bisa bermain lagi saat ini,” ucap Sukarja ketika ditanya seberapa penting keberadaan fisioterapi di tim.
    Sukarja sendiri memang sempat mengalami cedera yang cukup memakan waktu cukup lama untuk masa pemulihan. Namun kembalinya Sukarja memang benar-benar mencuri perhatian ketika ia langsung mencetak gol untuk Bali United dalam kemenangan telak 5-0 atas Barito Putera.

Related News


Tinggalkan Balasan