28 July 2022

GEMAR BULU TANGKIS! SALAH SATU FAKTOR BAGI GUNAWAN MELATIH KELINCAHAN

Selain sepak bola, bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa bisa dan kerap memainkan permainan tepuk bulu ini.

Cara bermainnya yang terbilang cukup mudah serta peralatannya yang tergolong simpel menjadi daya tarik olahraga ini. Hanya bermodalkan raket, kok, serta lahan bermain, mulai dari gelanggang olahraga hingga jalanan, semuanya bisa bersukacita serta sehat bersama.

Karena itu, ada banyak orang dari perkotaan hingga ke seluruh pelosok negeri gemar bermain bulu tangkis. Maka dari itu, Indonesia tidak pernah kehabisan bakat-bakat atlet bulu tangkis berprestasi akibat begitu digandrunginya olahraga ini.

Bulu tangkis sendiri sudah terkenal sejak lama menjadi lumbung prestasi bagi Indonesia di kompetisi bergengsi. Mulai dari All England hingga Olimpiade, semuanya pernah dimenangi oleh pebulutangkis Merah Putih.

Para pemain Bali United pun tidak ketinggalan, mereka ternyata juga gemar bermain tepuk bulu ini. Salah satunya adalah Gunawan Dwi Cahyo.

Tidak hanya tangguh mengawal lini belakang Bali United, Gunawan juga lihai bermain bulu tangkis. Pemilik nomor punggung 13 itu belakangan memang kerap melakukan olahraga ini.

Apalagi di tengah kondisinya yang masih dalam tahap pemulihan cedera, Gunawan menjadikan olahraga ini sebagai sarana hiburannya. Jeda antarpertandingan yang panjang kerap dimanfaatkannya untuk bermain bulu tangkis bersama pemain lain seperti Lerby Eliandry, Ramdani Lestaluhu, Yabes Roni, Rizky Pellu, dan Jajang Mulyana.

“Sebetulnya sekarang sedang meningkatkan kondisi fisik dan diselingi sambil bermain bulu tangkis agar tidak bosan. Namun, harus dilihat juga kondisinya, kalau jauh dari pertandingan, tidak masalah. Kalau sudah dekat hari pertandingan mungkin tidak, untuk meminimalisir risiko cedera,” ujar Gunawan.

Selain untuk mengusir rasa bosan, Gunawan menuturkan bahwa bermain bulu tangkis ini dapat menjadi salah satu sarana terapi cederanya. Sebab, permainan ini sendiri sangat membutuhkan kelincahan para pemainnya agar semakin bugar.

Hal tersebutlah yang saat ini sering dilatih oleh pemain kelahiran Jepara ini. Gunawan menjadikan bulu tangkis sebagai sarana untuk mengembalikan kembali kelincahan sekaligus kecepatannya pasca operasi cedera.

“Karena saya pribadi butuh itu, agility (kelincahan). Sebab, setelah cedera itu harus maksimal berlatih agility dan itu saya dapatkan di bulu tangkis. Karena dalam bulu tangkis ada saatnya untuk melompat, mengambil bola di depan maupun belakang yang pasti melatih agility dan kecepatan,” jelas Gunawan.

Saat ini, kondisi Gunawan sendiri semakin membaik pasca menjalani operasi cedera lututnya. Secara perlahan di bawah penanganan tim fisioterapis profesional, bek tengah ini berusaha mengembalikan kondisi fisiknya kembali prima.

Pertandingan uji tanding melawan Persis pada 5 Juni lalu menjadi kali perdana Gunawan kembali mengawal jantung pertahanan Bali United selepas absen sejak perhelatan Piala Menpora 2021 silam.

Segera kembali ke lapangan Bang Gun!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS