10 October 2022

SEMPAT GAGAL TEMBUS SKUAD KUALIFIKASI AFC, KADEK AREL PERBAIKI HAL INI JELANG TC TIMNAS U-20!

Kadek Arel Priyatna adalah salah seorang aset berharga milik Bali United Youth. Berposisi sebagai bek tengah, pemain yang akrab disapa Arel ini telah sejak lama menjadi andalan skuad Serdadu Tridatu Muda.

Mental dan kematangan bermainnya di atas lapangan hijau telah terbukti berkat tempaan sejak dini. Mulai bermain sepak bola sejak duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar, pemain berusia 17 tahun tersebut terus berproses.

Sejak usia belia, pemain kelahiran 4 April 2005 itu telah berlatih dan ditempa menjadi pesepak bola. Memulai belajar mengolah bola di sekolah sepak bola (SSB) Guntur, Arel berhasil menapaki progres positif.

Selepas dari SSB Guntur, Arel kemudian bergabung dengan Paradise Football Academy (PFA) yang menjadi pembuka jalan baginya bermain dengan Bali United Youth. Dimulai dari kelompok usia U-16, U-18, hingga kini menembus skuad Serdadu Tridatu Muda U-20.

Bersama Bali United Youth, anak kedua dari dua bersaudara itu menorehkan sejumlah prestasi gemilang. Salah satunya adalah sukses mengantarkan Bali United U-18 merengkuh gelar juara Elite Pro Academy (EPA) 2021.

Berkat penampilan apiknya selama membela klub dalam sejumlah turnamen usia muda, Arel pun mendapat kesempatan besar untuk membela Timnas Indonesia junior.

Berbagai level usia timnas pun sudah pernah dicicipi oleh pemain kelahiran Denpasar ini. Mulai dari Timnas Indonesia U-16 di bawah arahan Bima Sakti hingga kini menjajaki U-20 racikan Shin Tae-yong.

Pemilik nomor punggung 3 dalam skuad Garuda Muda itu pun rutin mendapatkan panggilan membela negara dalam sejumlah turnamen usia muda bergengsi antarnegara. Sebut saja Piala AFF U-15 Boys Championship 2019 di Thailand lalu.

Seiring berjalannya waktu dan berkat kematangan bermainnya, Arel kembali berkesempatan membela panji Garuda. Kali ini ia diproyeksikan masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di ajang AFC U-20 Asian Cup 2023 dan Piala Dunia FIFA U-20 2023 mendatang.

Namun, sebelum resmi berseragam Merah Putih, Arel harus menjalani serangkaian proses panjang yakni pemusatan latihan di tiga negara. Bersama dengan sejumlah pesepak bola muda berbakat lainnya, ia harus berlatih intensif di Jakarta, Antalya Turki, dan Malaga Spanyol mulai tanggal 8 Oktober-4 Desember 2022.

Arel pun wajib berjuang keras untuk dapat mengamankan posisi dalam skuad Garuda Nusantara menjelang dua ajang besar tersebut. Ia tentu tidak ingin kembali merasakan kesedihan akibat sempat gagal masuk ke dalam daftar 23 pemain yang terpilih mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 lalu di Surabaya.

"Perasaan saya tentu sangat senang bisa kembali dipanggil ke timnas setelah sebelumnya gagal ikut Kualifikasi AFC U-20. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk lebih bekerja keras agar bisa tembus ke tim sebelas pertama," ujar Arel.

Pesepak bola yang sekaligus pelajar di SMA Soverdi Tuban tersebut menjadikan kegagalan menembus skuad Timnas Indonesia yang berjuang di Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 tersebut sebagai pelajaran penting sekaligus pelecut semangat.

Pasalnya, Arel harus berjuang ekstra dan mengesampingkan rasa puas demi mengamankan tempat di dalam skuad Garuda Muda. Tidak hanya itu, ia juga wajib mengumpulkan ilmu berharga serta bersaing secara sehat selama mengikuti program TC yang panjang ini.

"Tentu kualitas. Saya masih harus banyak belajar lagi karena teman-teman lain memiliki kualitas yang lebih baik. Maka dari itu saya perlu lebih bekerja keras lagi," imbuh Arel.

Lebih lanjut, mengikuti program pemusatan latihan yang sangat panjang selama tiga bulan tentu memerlukan persiapan matang. Apalagi, Coach Shin Tae-yong terkenal memiliki program dan menu latihan ekstra berat.

Maka dari itu, pemilik nomor punggung 44 dalam skuad Bali United Youth tersebut telah mempersiapkan segala aspek untuk menunjang performanya selama TC. Mental dan fisik menjadi fokus utama dari Arel menjelang pemusatan latihan.

"Pastinya saya mempersiapkan fisik dan mental, karena itu yang terpenting untuk Coach Shin Tae-yong. Namun, tidak lupa juga mempersiapkan taktik mengenai cara bermain. Yang terpenting adalah mental," ungkap Arel.

Arel sendiri saat ini telah bergabung bersama kompatriotnya di Timnas Indonesia U-20 di Jakarta. Ia telah tiba di ibu kota dari Bali pada hari Sabtu (8/10) lalu.

Menurut penuturan dari asisten pelatih skuad Garuda Nusantara, Nova Arianto, sebanyak 36 nama pesepak bola muda terbaik dari penjuru Tanah Air bergabung ke dalam TC kali ini. Selain Arel terdapat pula nama-nama amunisi belia lain macam trio Persib Kakang Rudianto, Robi Darwis dan Ferdiansyah.

Semangat berproses Arel!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS