13 August 2022

ANDRE PANGESTU & KOMANG ANANTA SUKSES BANTU TIMNAS INDONESIA JUARA PIALA AFF U-16 2022

Dua pemain Bali United Youth, Andre Pangestu dan Komang Ananta Krisna menjadi saksi perjalanan skuad Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Timnas Vietnam di Stadion Maguwohardjo, Sleman hari Jumat (12/8) malam. Skor 1 - 0 menjadi bukti mahkota juara diberikan untuk Indonesia.

Laga final sendiri berlangsung ketat sejak peluit pertama dibunyikan. Namun skuad asuhan Bima Sakti ini mampu dengan tenang menguasai permainan dan mencetak gol ke gawang lawan.

Gol tunggal skuad merah putih diperoleh pada penghujung babak pertama melalui sepakan Kafiatur Rizky.

Di babak kedua, dominasi Indonesia masih berlanjut atas Vietnam. Keunggulan bisa dipertahankan sampai laga tuntas. Kemenangan 1-0 memastikan Indonesia juara Piala AFF U-16 2022.

Meskipun dua penggawa Bali United U-16 minim mendapatkan menit bermain dan lebih banyak masuk dari bangku cadangan, namun penampilan mereka ketika diberikan kesempatan mampu dibayar lunas.

Andre Pangestu, sebagai seorang pemain belakang sering dimasukan sebagai pemain pengganti dari beberapa pertandingan. Bahkan sempat menjadi sebelas pertama saat membantu Timnas Indonesia melangkah hingga babak final. Saat itu, dia diberikan kepercayaan saat berjumpa Singapura. Alhasil, kemenangan 9 gol tanpa kebobolan menjadi bukti kualitas pemain belakang muda milik Serdadu Tridatu Muda ini.

Sejalan dengan rekannya dari pulau dewata, Komang Ananta Krisna juga demikian. Adik kandung dari pemain Timnas Indonesia senior, Kadek Agung Widnyana Putra ini juga lebih banyak membantu skuad Garuda Muda dari bangku cadangan. Pemain depan ini berhasil membuktikan dirinya saat berjumpa Singapura (3/8) lalu sekaligus mencetak gol penutup atas kemenangan besar 9 gol tanpa balas.

Meskipun belum banyak mendapatkan menit bermain pada kompetisi kali ini, namun usaha dan perjuangan dua pemain Bali United Youth tetap harus diapresiasi. Sebab berkat dua pemain muda dalam memberikan kontribusinya ini, mampu melewati proses dan tantangan hingga menembus final Piala AFF U-16 tahun ini.

Mahkota juara yang diperoleh adalah hasil kerja keras seluruh elemen skuad Timnas Indonesia U-16, termasuk perjuangan Andre Pangestu dan Komang Ananta. Kedepan masih akan ada banyak agenda kompetisi Internasional yang menanti konsistensi pasukan muda ini untuk terus memberikan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

"Selamat untuk Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022. Saya ucapkan apresiasi yang tinggi untuk dua pemain muda kami dari Bali United Youth, Andre Pangestu dan Komang Ananta yang turut membantu perjuangan skuad Garuda Muda. Tetap rendah hati, dan fokus untuk kompetisi yang akan datang bersama Timnas Indonesia. Sekali lagi, selamat dan terima kasih telah berjuang untuk Indonesia," ungkap dengan bangga manajer Bali United Youth, Richie Kurniawan.

Tahta juara Piala AFF U-16 ini pun membawa Timnas Indonesia mengoleksi gelar kedua sepanjang 15 edisi perjalanan kompetisi Asia tersebut.

Gelar kedua tersebut menyamai koleksi gelar dari Timnas Myanmar, Australia, dan Malaysia. Dua penggawa Bali United U-16 ini pun sukses membantu skuad Garuda menambah gelar prestasi untuk Indonesia.

Daftar Juara Piala AFF U-16 dari Tahun ke Tahun:

2002 – Indonesia dan Malaysia - Myanmar vs Laos : 4-1

2005 – Bangkok, Thailand – Myanmar vs Thailand : 5-4 (1-1)*PK

2006 – Nam Dinh City, Vietnam – Vietnam (6 poin)

2007 – Phnom Penh, Kamboja – Thailand vs Laos : 3-2

2008 – Jakarta, Indonesia – Australia vs Bahrain : 5-4 (1-1)*PK

2010 – Indonesia – Vietnam vs China : 1-0

2011 – Vientiane, Laos – Thailand vs Laos : 1-0

2012 – Vientiane, Laos - Jepang vs Australia: 3-1

2013 – Naypyitaw, Myanmar – Malaysia vs Indonesia : 3-2 (1-1)*PK

2015 – Phnom Penh, Kamboja – Thailand vs Myanmar : 3-0

2016 – Phnom Penh, Kamboja – Australia vs Vietnam : 5-3 (3-3) *PK

2017 – Chonburi, Thailand – Vietnam vs Thailand : 4-2 (0-0) *PK

2018 – Sidoarjo, Indonesia – Indonesia vs Thailand : 4-3 (1-1) *PK

2019 – Chonburi, Thailand – Malaysia vs Thailand : 2-1

2022 – Yogyakarta, Indonesia – Indonesia vs Vietnam : 1-0.

Selamat Indonesia, Luar Biasa Andre & Komang Ananta!!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS