13 June 2022

BERMAIN DISIPLIN & EFISIEN JADI KUNCI BALI UNITED CURI POIN DARI PERSIB MESKI KEHILANGAN SATU PEMAIN

Bali United mengawali kiprahnya dalam turnamen Piala Presiden 2022 dengan hasil imbang 1-1 dengan Persib.

Dalam laga yang digelar di Stadion Bandung Lautan Api kemarin (12/6), Serdadu Tridatu yang bermain dengan 10 pemain usai Eber Bessa menerima kartu merah menit ke-21. Kendati demikian, Ilija Spasojevic berhasil mencuri satu poin dari sang tuan rumah.

Meskipun pertandingan berakhir antiklimaks, tetapi hasil imbang ini patut disyukuri.

Sebab, selepas Bali United unggul pada menit ke-3 lewat gol Novri Setiawan dan berkurangnya kekuatan Serdadu Tridatu usai Eber menerima kartu merah, Persib langsung meningkatkan intensitas serangannya.

Beberapa kali skuad Pangeran Biru mampu menciptakan peluang berbahaya. Beruntung pertahanan Bali United serta penyelamatan apik Ridho mampu menggagalkannya.

Melihat skuadnya kehilangan salah satu pemain vital dan berada di bawah tekanan, pelatih Bali United, Stefano Cugurra tidak langsung melakukan pergantian. Namun, ia memilih untuk menunggu.

Pelatih asal Brasil ini baru melakukan perubahan menit 46 dengan menarik keluar sang kapten sekaligus gelandang tengah, Fadil Sausu dan memasukkan Rizky Pellu yang bertipe lebih bertahan.

Masuknya Pellu tentu untuk lebih meredam agresivitas serangan Persib yang memainkan sayap lincah Febri Haryadi yang menggantikan gelandang bertahan, Dedi Kusnandar.

Coach Teco kembali melakukan pergantian pemain 18 menit berselang dengan menarik Spasojevic dan memasukkan gelandang bertahan Hariono pada menit ke-64.

Meski bermain dengan 10 pemain dan mengalami gempuran dari skuad Maung Bandung, tetapi Serdadu Tridatu mampu bermain disiplin dan menjaga keunggulan.

Persib baru bisa menjebol gawang yang dikawal Ridho jelang waktu normal babak kedua berakhir.

Lewat skema bola mati, David da Silva yang menjadi eksekutor tendangan bebas berhasil mencetak gol pada menit ke-79 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Bek anyar, Jajang Mulyana dimasukkan menit 82 menggantikan Brwa Nouri yang sempat tergeletak kesakitan. Dengan masuknya Jajang, lini pertahanan semakin kokoh.

Tim tuan rumah tidak hanya aktif menekan lewat skema permainan terbuka, tetapi juga lewat skema bola mati, khususnya sepak pojok.

Sebanyak 15 tendangan sudut Persib terima berbanding 1 milik Bali United sepanjang laga ini.

Meski kekurangan pemain, Bali United beberapa kali juga sempat tampil menyerang, salah satunya lewat kombinasi Lerby dan Rahmat yang baru dimasukkan menit 92.

Kombinasi keduanya hampir membuat Serdadu Tridatu berbalik unggul. Namun sayang, sepakan Rahmat yang menerima umpan Lerby masih membentur tiang.

Hingga peluit akhir, berkat kedisiplinan setiap pemain Bali United, skor akhir masih sama kuat 1-1 untuk kedua tim.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra berkomentar perihal situasi yang dialami timnya. Sebab, setiap kali bertemu Persib Bandung, Bali United selalu melawan Maung Bandung dengan 10 pemain karena salah satu pemain selalu mengalami pengusiran dari lapangan oleh wasit yang memimpin laga.

“Memperoleh kartu merah adalah situasi biasa terjadi di dalam pertandingan dengan tensi tinggi. Sebagai tim pelatih, tentu harus punya plan B buat bisa bertahan bagus sama bisa tetap menyerang ke gawang lawan,” jelas Coach Teco.  

Skuad Maung Bandung begitu dominan dalam penguasaan bola sepanjang laga ini dengan persentase 64% berbanding 36% milik Serdadu Tridatu.

Tidak hanya displin, skuad Serdadu Tridatu juga bermain efisien dengan melepaskan dua tembakan on target ke gawang Persib dari total 7 percobaan.

Kemudian, para pemain juga melakukan sebanyak 218 umpan yang mana 169 diantaranya sukses mengalir ke arah tujuan.

Dari segi pertahanan, sejumlah 17 tekel sukses dicatatkan oleh skuad Serdadu Tridatu untuk menggagalkan upaya penyerangan skuad Maung Bandung.

Meskipun demikian, para pemain Bali United harus lebih bersabar lagi di laga selanjutnya. Sebab, Serdadu Tridatu mencatat total 8 kartu kuning dan 1 kartu merah sepanjang pertandingan ini.

Ayo fokus dan berjuang meraih kemenangan, Bali United!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS