9 August 2022

COACH TECO SAMBANGI KAWASAN TRAINING CENTER PANTAI PURNAMA, SINYAL AKAN SEGERA BERLATIH DI SANA?

Fasilitas Training Center milik Bali United di kawasan Pantai Purnama Gianyar selama beberapa waktu belakangan mencuri banyak perhatian banyak pecinta sepak bola baik di dalam maupun luar negeri. Hal tersebut tentu tidak lepas dari beberapa faktor penting.

Pertama, langkah Bali United untuk membangun fasilitas training center ini pada tahun 2020 lalu bisa dikatakan sebagai aksi visioner dan berani di kancah sepak bola nasional. Sebab, tidak ada klub profesional di Indonesia yang memiliki infrastruktur ini sebelumnya.

Meskipun berstatus sebagai tim baru dengan usia yang masih tergolong sangat muda, yakni tujuh tahun, tetapi manajemen Serdadu Tridatu mantap menggebrak dan berpikir maju untuk menyiapkan fasilitas terbaik bagi timnya. Dengan memanfaatkan lahan seluas 27 hektar, kelak seluruh aktivitas tim Bali United mulai dari senior hingga junior akan terpusat di Pantai Purnama.

Progres positif pun telah banyak terjadi di kawasan Training Center tersebut. Adapun yang paling mencolok adalah rampungnya dua dari tiga lapangan latihan dengan rumput berstandar FIFA.

Dua lapangan rumput tersebut bahkan sudah dapat digunakan untuk menunjang program latihan Bali United ke depannya. Bali United Youth U-18 berkesempatan menjadi yang pertama kali menjajal kualitas rumput di Training Center ini pada 10 April lalu dalam rangka persiapan menuju turnamen International Youth Championship (IYC).

Program seleksi pemain Bali United Youth bertajuk “The Next Gen Bali” turut pula diselenggarakan di Training Center ini pada tanggal 20-22 Juli lalu. Memanfaatkan dua lapangan hijau terbaik, sebanyak 970 talenta berbakat dari seluruh Indonesia saling beradu kemampuan di sini.

Tidak ketinggalan, tim Bali United Women juga sudah pernah menjajal berkelasnya lapangan hijau Training Center Pantai Purnama ini. Dalam partai uji coba melawan Tim Nasional Putri Timor Leste pada 16 Juni lalu, para Srikandi Tridatu terlihat begitu antusias menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Partai uji coba tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa fasilitas Training Center ini mulai dilirik oleh dunia internasional. Bahkan, bukan tidak mungkin bahwa di masa depan akan semakin banyak klub maupun tim mancanegara yang akan melakukan pemusatan latihan di Pantai Purnama.

Selain karena memiliki kualitas berstandar internasional, terdapat faktor lain yang membuat Training Center ini mencuri perhatian khalayak ramai. Apalagi kalau bukan pemandangan indah yang disuguhkan oleh Training Center ini.

Fasilitas yang dibangun tepat di bibir Pantai Purnama ini memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata. Hamparan rumput hijau yang luas bersanding sempurna dengan birunya lautan berlatar gugusan gunung di sisi seberang. Suara debur ombak yang beradu dengan batu karang seolah semakin menyempurnakan keindahan Training Center ini.

Berbagai hal tersebut lantas menarik atensi dari banyak pihak, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan juga dunia internasional. Salah satunya datang dari Copa90 yang merupakan media sepak bola yang berbasis di London, Inggris. Melalui unggahan video di akun Instagram resminya pada tanggal 15 Juli, Copa90 menjuluki Training Center ini sebagai “Pitch Paradise” yang berarti lapangan surga.

Melihat hal tersebut, pelatih Bali United, Stefano Cugurra pun turut langsung datang ke kawasan Pantai Purnama pada hari Minggu (7/8). Pujian langsung dilayangkan olehnya ketika melihat progres Training Center ini, terutama lapangan latihnya.

“Saya hanya ingin melihat kondisi lapangan saja dan sudah ada dua lapangan yang sangat bagus,” puji Coach Teco.

Lebih lanjut, meskipun dua lapangan sudah rampung, tetapi skuad Bali United belum akan berlatih di Pantai Purnama dalam waktu dekat. Hal tersebut terjadi lantaran beberapa fasilitas penunjang lainnya masih dalam proses pembangunan.

Coach Teco mengingikan seluruh fasilitas seperti ruang ganti pemain selesai dibangun terlebih dahulu sebelum Bali United benar-benar akan fokus berlatih di Pantai Purnama.

“Untuk pembangunan tempat mandi dan toilet masih belum selesai, sehingga kami masih menunggu selesai semua dulu dan kemudian baru kami akan mulai latihan di sana (Pantai Purnama),” pungkas Coach Teco.

Selama menanti proses pembangunan fasilitas Training Center di Pantai Purnama, pasukan Serdadu Tridatu mempergunakan sederet lapangan latih lainnya seperti Lapangan Trisakti, Stadion Gelora Samudra, hingga Stadion Ngurah Rai.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS