10 November 2022

HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER, INILAH DERETAN PARA PAHLAWAN SEPANJANG KOMPETISI MILIK BALI UNITED

Hari Pahlawan selalu diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya untuk kembali mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari daratan Indonesia. Puncak perjuangan pahlawan Indonesia adalah saat peristiwa heroik yang terjadi di Surabaya pada tahun 1945 silam.

Tahun ini, Indonesia kembali memperingati Hari Pahlawan pada hari Kamis(10/11) ini. Adapun tema besar yang muncul pada peringatan kali ini adalah “Pahlawanku Teladanku”.

Dibalik Hari Pahlawan tentu memberikan makna mendalam perihal jasa para pahlawan kemerdekaan yang selalu dikenang sebagai salah satu sejarah kemerdekaan Indonesia. Insan generasi muda bisa belajar dari semangat perjuangan para pahlawan untuk terus berusaha dalam segala kekurangan dan tantangan yang dihadapi.

Bali United di usianya yang terbilang muda tentu memiliki pahlawan-pahlawan berjasa di balik kesuksesan sebuah pertandingan dalam berbagai kompetisi yang selama ini dijalani. Berikut adalah beberapa momentum para penggawa Serdadu Tridatu menjadi pahlawan bagi kesuksesan Bali United di berbagai kompetisi lapangan hijau:  

  1. WAWAN HENDRAWAN

PSM Makassar vs Bali United (6 November 2017)

Meskipun gol diciptakan oleh Stefano Lilipaly di penghujung babak kedua, sosok pengawal mistar Bali United patut dinobatkan sebagai pahlawan pada pertandingan ini. Wawan mencatatkan 6 penyelamatan krusial. Salah satu penyelamatan Wawan yang mengagumkan adalah tangkisannya terhadap tembakan melengkung Marc Klok pada menit 40 yang gagal membobol gawang Bali United.

Bak seorang Bung Tomo yang memberikan semangat perjuangan kepada pasukan di Surabaya, Wawan mengakomodir setiap lini untuk meredam serangan pasukan Juku Eja. Jual beli serangan terjadi pada 6 November 2017 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Namun kualitas Wawan Hendrawan dalam menggagalkan beberapa peluang dari PSM Makassar menjadi bukti kualitas dari seorang Spiderwan. Laga yang membuka peluang Bali United menjadi juara Liga 1 2017 ini mungkin menjadi salah satu laga  terbaik di Indonesia. Kemenangan tipis 1-0 pada pekan tersebut ternyata belum mampu memberikan trofi Liga 1 2017 setelah Bhayangkara FC menerima perubahan poin berdasarkan surat resmi PSSI.  

  1. YABES RONI

Bali United vs Bhayangkara FC (21 Mei 2019)

Yabes Roni menjadi pahlawan kemenangan Bali United atas Bhayangkara FC. Tendangan kerasnya pada menit ke-70, hadirkan kemenangan pertama untuk Serdadu Tridatu atas Bhayangkara di kompetisi resmi.

Pemain Timnas Indonesia asal Nusa Tenggara Timur ini menjadi sosok sentral bagi Bali United usai tendangan kerasnya mengenai mistar dan masuk ke dalam gawang Bhayangkara FC yang dijaga Awan Setho, pada 21 Mei 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Gol tunggal Yabes tersebut menjadi titik awal Bali United sukses memecahkan rekor pertama kalinya mampu mengalahkan Bhayangkara FC di berbagai kompetisi yang mempertemukan kedua tim elite ini.

  1. MICHAEL ORAH

Persikabo 1973 vs Bali United ( 15 Agustus 2019)

Umpan lintas benua Michael Orah ke Stefano Lilipaly jadi momen kunci kemenangan Bali United dengan skor 1-2 atas Persikabo 1973. Selain itu, sebagai benteng pertahanan, Orah berhasil membuang bola hasil sundulan Loris Arnaud penghujung babak kedua.  Serdadu Tridatu berhasil memutus rentetan tidak terkalahkan sepanjang 14 pekan Laskar Padjajaran di  awal Liga 1 2019.

Pertemuan Bali United ke kandang Persikabo 1973 pada 15 Agustus 2019 menjadi momentum berharga. Pasalnya, pasukan Serdadu Tridatu berhasil mengalahkan Laskar Padjajaran yang tengah dalam tren positif di Liga 1 yang memulai kompetisi dengan tidak terkalahkan. Dua gol Stefano Lilipaly pada menit 11 dan  menit 82 serta gol penyama kedudukan sementara dari Abduh Lestaluhu pada menit 74 mewarnai laga malam itu.  Namun, peran Michael Orah di pertandingan tersebut menjadi penentu. Dia menjadi pahlawan malam itu karena menjadi pemberi umpan kunci tendangan jauh yang tepat menuju Stefano Lilipaly mencetak gol kedua dan sukses membantu pertahanan dengan membuang bola sundulan Loris Arnaud penghujung babak kedua. Bola yang hampir menyamakan kedudukan tersebut mampu dihalau keluar oleh pemilik nomor punggung 85 ini.

  1. STEFANO LILIPALY

Bali United vs Persib Bandung (28 November 2019)

Box 2 Box ! Menerima umpan jauh Wawan Hendrawan, tembakan keras, Stefano Lilipaly menghujam deras jala Persib Bandung.

Fano menjelma sebagai pahlawan dan memastikan kemenangan 3-2 atas Maung Bandung. Tiga poin mahal yang menjadi salah satu momen kunci dalam meraih gelar juara Liga 1 2019.

Pertandingan panas yang memaksa kedua tim bermain dengan 10 pemain mampu diselesaikan dengan gol penutup melalui Stefano Lilipaly. Menerima umpan gawang Wawan Hendrawan pada menit 79, Fano langsung melepaskan tembakan keras masuk ke dalam gawang yang dijaga Made Wirawan. Kemenangan dramatis Bali United dengan skor 3-2 pada 28 November 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar semakin memperlebar jarak poin meraih trofi Liga 1 2019.

  1. ILIJA SPASOJEVIC

Semen Padang vs Bali United (2 Desember 2019)

Brace Spaso ke jala Semen Padang mengunci gelar juara pertama untuk Bali United di Liga 1. Serdadu Tridatu menjelma sebagai tim pertama yang menjadi juara terdini dengan masih menyisakan 4 laga di sepanjang sejarah Liga 1 di Indonesia.

Spasojevic menjadi aktor di balik kesuksesan Bali United yang memastikan diri sebagai juara Liga 1 2019 pada 2 Desember 2019. Pekan ke-30 menghadapi Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Spasogoal mencetak brace pada menit 51 dan menit 85 yang membawa Serdadu Tridatu pada trofi pertamanya di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia.

  1. RAHMAT

Tampines Roverss vs Bali United (14 Januari 2020)

Rahmat menjadi pahlawan kemenangan Bali United kala menjamu Tampines Rovers di kualifikasi ACL. Gol penyama kedudukan The Flash membuat skor menjadi 3-3 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan, Serdadu Tridatu menutup laga dengan skor 3-5.

Babak pertama kualifikasi Liga Champios Asia 2020 pada 14 Januari 2020 menjadi kali kedua Serdadu Tridatu bersaing di kompetisi Asia. Rahmat menjadi pemain pengganti yang sukses menyamakan kedudukan Serdadu Tridatu menjadi skor 3-3 pada menit 82. Gol Rahmat membawa pertandingan menuju babak perpanjangan, sebelum akhirnya disempurnakan melalui gol Stefano Lilipaly dan Sidik Saimima dan menutup kemenangan 3-5 untuk Bali United. Ini menjadi pertandingan yang berkesan dan menegangkan di Jalan Besar Stadium, Singapura, sebab Bali United sukses meraih kemenangan dramatis atas Tampines Rovers. Selain itu, kehadiran Rahmat sebagai supersub Bali United mulai terlihat pada momentum pertandingan ini.

  1. BRWA NOURI

Bali United vs Arema FC (15 Maret 2022)

Brwa Nouri tampil sebagai pahlawan dengan mengukir gol semata wayang dari titik putih ke jala Arema FC. Ini adalah gol pertama Nouri sepanjang membela Bali United. Spesialnya, gol ini membawa kemenangan yang jadi momen kunci meraih gelar juara Back2Back !

Brwa Nouri sebagai gelandang tengah memberikan keseimbangan permainan pada laga panas menghadapi Singo Edan. Pertemuan Bali United dengan Arema FC pada 15 Maret 2022 di Stadion Ngurah Rai, Denpasar berlangsung menarik. Sebab, permainan jual beli serangan dan penyelamatan yang dilakukan Nadeo Arga Winata serta Adilson Maringa menjaga gawang mereka dipertontonkan pada laga sore. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Bali United, usai Brwa Nouri dengan tenang mampu melesatkan bola ke dalam gawang Adilson Maringa penghujung babak kedua setelah 90 menit Adilson Maringa banyak melakukan penyelamatan.  

Itulah deretan penggawa Bali United yang menjadi pahlawan dari situasi sulit yang dihadapi Bali United di lapangan hijau. Semua itu belum termasuk dengan pemain-pemain lain yang juga turut berkontribusi. Para pelatih, official dan manajemen yang menjadi sosok dibalik kehebatan Bali United bisa meraih dua trofi Liga 1 di Indonesia.

Banyak pemain lain juga yang turut menjadi sosok pembantu dari kehadiran para pahlawan yang menyelamatkan tim Bali United dari situasi genting. Bisa dilihat kehadiran Sylvano Comvalius dengan 37 golnya pernah mewarnai Bali United di Liga 1 2017, Nick Van Der Velden dengan aksi dan permainan atraktifnya menghibur pecinta sepak bola Indonesia, Marcos Flores dengan umpan matang lini tengahnya, Paulo Sergio melalui aksi individu merusak pertahanan lawan, dan masih banyak lagi pemain-pemain Bali United yang turut membantu perjuangan tim asal pulau dewata terus berkembang menuju arah yang lebih baik.

Terima kasih para pahlawan, jasamu akan selalu dikenang dan penggawa yang masih berjuang semoga terus menjadi pahlawan yang sukses membawa Bali United menuju prestasi gemilang.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS