27 November 2022

JADI LOKASI TC TIMNAS INDONESIA JELANG PIALA AFF 2022, APA KELEBIHAN STADION KAPTEN DIPTA & LAPANGAN PANTAI PURNAMA?

Timnas Indonesia senior memiliki agenda penting pada akhir tahun 2022 ini.

Skuad Garuda dipastikan turun bertarung pada ajang Piala AFF 2022 yang digelar pada 22 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Pada turnamen yang kini bernama AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 tersebut, tim racikan Shin Tae-yong ini tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, dan sang juara bertahan, Thailand.

Melihat peta persaingan pada fase grup yang cukup ketat, Timnas Indonesia pun merencanakan program pemusatan latihan demi bisa berbicara banyak.

Sebanyak 28 pemain pun telah dipanggil oleh Coach Shin Tae-yong untuk mempersiapkan kekuatan menjelang turnamen AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Beberapa nama bintang macam Nadeo Arga Winata, Elkan Baggott, Marc Klok, Egy Maulana Vikri, hingga duo pemain naturalisasi Jordi Amat, dan Sandy Walsh dipastikan turut serta.

Tidak tanggung-tanggung, dua lokasi terbaik, yakni Bali dan Jakarta ditetapkan oleh PSSI sebagai tempat anak asuh Shin Tae-yong berlatih intensif.

Mulai tanggal 28 November hingga 21 Desember mendatang, Skuad Garuda akan menjajal kekuatan di dua lokasi tersebut.

Pulau Dewata pun menjadi tempat pembuka rangkaian program pemusatan latihan dan hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

"Timnas Indonesia memulai persiapan Piala AFF 2022 di Bali tanggal 28 November. Nanti begitu mendekati pertandingan pertama tanggal 23 Desember akan pindah latihan ke Jakarta," ujar Iwan Bule dilansir dari laman pssi.org.

Lantas, seperti apa kualitas infrastruktur penunjang TC Timnas Indonesia ini? Simak informasi berikut ini:

1) STADION KAPTEN I WAYAN DIPTA

Stadion megah yang berdiri di kawasan Buruan, Gianyar ini akan menjadi salah satu lokasi Nadeo cs berlatih selama melakoni TC di Bali.

Dipilihnya Stadion Kapten I Wayan Dipta tentu menjadi hal yang tepat. Pasalnya, stadion berkapasitas 18.000 kursi tersebut memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Bukan hanya dilengkapi oleh sederet infrastruktur memadai macam tribun single seat, akses serta jalur evakuasi, hingga Bali United Cafe dan Bali United Megastore, ada hal penting lainnya yang membuat stadion ini spesial.

Tidak lain dan tidak bukan adalah kualitas rumput nomor satu berstandar FIFA.

Berdasarkan penilaian dari Labosport yang merupakan konsultan independen terbesar di dunia dalam bidang sarana dan prasarana olahraga, rumput stadion Dipta mendapat skor di angka 3 dan 4 yaitu Good dan Excelent serta masuk pada penilaian 94% kualitas rumput yang mendekati target dari Labosport di angka 95% kualitas rumput.

Rumput Stadion Dipta yang berjenis Zoysia Matrella ini memiliki karakteristik tingkat elastisitas yang sangat baik sehingga aliran bola dapat dengan sempurna menggelinding tanpa mengurangi kecepatannya karena tekstur akarnya sangat kuat.

Melihat sederet fasilitas khususnya kualitas rumput Stadion Kapten I Wayan Dipta ini, Iwan Bule pun sempat mengungkapkan kekagumannya pada saat kunjungannya 15 November lalu.

“Karena sekali lagi, orang senang ke Bali, apalagi sekarang ada tempat berlatih sepak bola. Ini yang akan menjadi pertimbangan kami di PSSI berkaitan dengan TC Timnas senior yang akan bermain di AFF. Kami akan sampaikan ke tim hospitality untuk kembali meninjau termasuk juga lapangan Kapten I Wayan Dipta ini. Saya berterima kasih kepada Pak Pieter yang menawarkan untuk bisa latihan di sini. Tentunya ini menjadi catatan kami dan nantinya akan diinstruksikan dengan direktur teknik, bagian hospitality, dan tentunya pelatih Shin Tae-yong,” ujar Iwan Bule.

2) LAPANGAN TRAINING CENTER PANTAI PURNAMA

Fasilitas training center milik Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar ini pun tidak boleh terlewatkan menjadi lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Pasalnya, training center ini memiliki fasilitas terbaik untuk menunjang kebutuhan latihan skuad Garuda.

Meskipun masih dalam tahap pembangunan, tetapi area training center ini telah memiliki tiga lapangan besar yang sudah siap digunakan.

Bahkan tim Bali United Youth pun rutin berlatih bersama di atasnya. Tidak hanya itu, Timnas Putri Timor Leste juga pernah merasakan kualitas rumput terbaik yang juga jenis Zoysia Matrella ini untuk melakukan laga uji coba dengan tim Bali United Women beberapa waktu lalu.

Para pemain Timnas Indonesia pun dapat melihat pemandangan indah sepanjang berlatih di lapangan Pantai Purnama ini.

Pasalnya fasilitas megah ini memang berlokasi langsung di bibir Pantai Purnama, Gianyar. Pemandangan hamparan rumput hijau yang bersanding dengan birunya laut serta suara debur ombak menjadi sajian pemikat mata Elkan Baggott dkk nantinya.

Untuk semakin melengkapinya, sejumlah fasilitas penunjang juga saat ini tengah dikerjakan. Mulai dari tribun penonton, kolam air panas, VIP Lounge, Cafe, locker room, bathroom, dan pusat kebugaran masih dalam tahap pembangunan.

Iwan Bule pun sudah pernah merasakan langsung fasilitas training center ini bersama dengan Owner Bali United, Pieter Tanuri dan Ketua Asprov PSSI Bali, I Ketut Suardana pada 15 November lalu.

Pujian pun diucapkan langsung oleh pria 60 tahun tersebut.

“Terima kasih untuk Bali United yang terus membangun sepak bola secara serius dan maksimal untuk kepentingan kemajuan sepak bola Indonesia secara khususnya. Kita tentu inginkan membanggakan (Indonesia) di level ASEAN, Asia, dan dunia tentunya. Selamat terus membangun sepak bola untuk Indonesia jaya,” puji Iwan Bule.

Selain Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Training Center Pantai Purnama, Pulau Bali juga masih memiliki sederet lapangan lain yang dapat menunjang kebutuhan Timnas Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah Lapangan Gelora Samudera Kuta, Lapangan Trisakti Legian, Stadion Ngurah Rai, serta Stadion Kompyang Sujana yang juga menjadi venue pendukung Piala Dunia U-20 2023.

Dipilihnya Bali sebagai lokasi TC Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022 ini tentu menjadi salah satu wadah untuk mempersiapkan diri serta infrastruktur sebelum nantinya menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS