5 July 2022

JELANG MUSIM BARU, LEONARD TUPAMAHU BERIKAN PESAN MOTIVASI, APA ITU?

Leonard Tupamahu adalah bek tangguh penjaga lini pertahanan Bali United. Sejak didatangkan dari Borneo FC pada tahun 2019 silam, Leonard menjelma menjadi tumpuan utama Serdadu Tridatu untuk menghalau serangan musuh.

Meskipun saat ini Leonard telah memasuki usia yang tergolong senior dalam dunia sepak bola, yakni 38 tahun, tetapi ia masih mampu tampil konsisten. Selama tiga tahun memperkuat Bali United, bek berpostur 179 cm tersebut telah mencatatkan total 67 penampilan di seluruh kompetisi serta mencetak satu gol.

Berkat penampilan solidnya di jantung pertahanan, ia berhasil membantu skuad Serdadu Tridatu meraih gelar juara Liga 1 dua kali beruntun, tepatnya pada musim 2019 dan 2021/2022. Hal tersebut menjadi bukti bahwa usia hanyalah sekadar angka bagi pemain asal Jakarta tersebut.

Perjalanan karier pemilik nomor punggung 32 bersama Bali United bisa dibilang sebagai yang tersukses. Sebab, gelar juara Liga 1 tahun 2019 silam menjadi trofi pertama sekaligus jawaban atas kerja kerasnya berjuang selama 17 tahun bermain sepak bola di berbagai klub Indonesia.

Walaupun telah berhasil mengoleksi dua gelar juara Liga 1, tetapi Leonard bukannya tidak pernah mengalami kegagalan. Salah satunya adalah pada awal musim 2022 ini, di mana Bali United harus rela menuai hasil buruk di dua kompetisi, yakni Piala Presiden dan AFC Cup.

Tersingkir dari dua ajang kompetitif tersebut pada babak penyisihan grup tentu memberikan kekecewaan bagi seluruh penggawa Serdadu Tridatu, termasuk Leonard. Sebab, tim Bali United tentu telah memasang target tinggi untuk meraih prestasi, khususnya pada kompetisi AFC Cup 2022. Namun apa daya, hasil negatif tidak bisa dihindarkan.

Meski demikian, bagi eks pemain Persija itu kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Menurut Leonard, kekalahan tersebut justru memacu tim dan juga dirinya sendiri untuk semakin bersemangat berlatih dan berusaha.

Melalui unggah foto aksinya kala laga kedua AFC Cup melawan Visakha FC (27/6) di akun instagram pribadinya, ayah satu orang anak ini mencoba membagikan pesan optimisme selepas Bali United mengalami serentetan hasil buruk.

“Kekalahan dan kegagalan tidak akan pernah membuatku takut untuk mencoba lagi dan lagi sampai aku sukses dan berhasil,” tulis Leo pada kolom caption.

Leonard bersama seluruh skuad Serdadu Tridatu lainnya masih berkesempatan untuk membawa Bali United berprestasi, mengingat masih ada dua agenda kompetisi yakni Liga 1 2022/2023 serta Piala Indonesia mendatang. Diharapkan dengan waktu persiapan yang relatif lebih panjang dari tim-tim lain, anak asuh Stefano Cugurra ini mampu kembali tampil gemilang.

Semangat bang Leo dan tim Bali United!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS