12 September 2022

KEKALAHAN DARI PERSEBAYA U-18 DI LAGA PAMUNGKAS PUTARAN DUA EPA 2022 JADI MOTIVASI BALI UNITED U-18

Bali United U-18 melakoni pertandingan terakhir putaran kedua Elite Pro Academy (EPA) 2022 hari Minggu (11/9) kemarin. Pada laga pagi hari itu, Serdadu Tridatu Muda bertanding melawan Persebaya U-18.

Bertempat di Lapangan Latih 2 Jakarta International Stadium, skuad racikan Coach Dede ini berjuang sekuat tenaga untuk meraih kemenangan. Meskipun terganggu akibat masih absennya sejumlah pemain kunci, tetapi Bali United U-18 tetap berusaha maksimal.

Kembalinya pemain andalan yakni Arta Wiguna di posisi penjaga gawang serta striker Komang Nahan Suarnatya membuat semangat juang Serdadu Tridatu Muda meningkat. Namun sayang, keberadaan mereka berdua belum mampu membawa kemenangan dan justru Bali United U-18 tunduk 0-3 dari Persebaya.

Kehilangan pemain penting lainnya membuat kekuatan tim berkurang cukup signifikan. Ditambah lagi, Reyner Barusu dan kolega juga mengalami kelelahan.

Sang lawan yang melihat hal tersebut pun dengan cerdik mampu memanfaatkan situasi hingga mampu mencetak tiga gol. Skuad Bajol Ijo mampu unggul berkat hattrick Iqbal Maulana Ahmad (22’, 41’, 56’).

“Anak-anak tampak kelelahan dalam bermain hari ini. Sebab ada beberapa pemain kurang fit, selain tiga orang yang masih menderita cacar dan ada juga yang terkena flu,” ujar Coach Dede.

Selain karena faktor masih absennya sejumlah pemain kunci, kurangnya organisasi permainan juga membuat Persebaya mampu mencuri keunggulan. Pasalnya, beberapa kali serangan dari sang rival tersebut tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh Bali United U-18.

Pasukan Serdadu Tridatu Muda ini tentu tidak tinggal diam dengan kondisi tertinggal. Berbagai upaya untuk mengejar angka pun dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan pergantian lima pemain. Namun sayang, kemenangan masih belum berpihak untuk Bali United U-18.

“Pada babak pertama, lawan berhasil mencetak gol dari skema serangan dari sayap yang tidak bisa diantisipasi dengan baik. Kemudian, pada saat babak kedua baru dimulai, kami sudah kecolongan satu gol lagi. Faktor cuaca yang sangat panas juga menjadi salah satu penyebab pemain tidak maksimal. Setelah kembali kebobolan menit ke-52, kami mengganti lima pemain. Masuknya pemain baru ini lumayan memberikan dampak baik, sehingga bisa tampil menekan di sisa babak kedua. Namun, tetap belum mampu mencetak gol ke gawang lawan,” jelas Coach Dede.

Lebih lanjut, ketenangan dan permainan yang lebih rapi ditunjukkan oleh Persebaya sepanjang laga ini. Tidak hanya itu, kematangan para pemain Bajol Ijo juga sedikit banyak mengangkat performa timnya.

Maka dari itu, Persebaya mampu meraih kemenangan di pertemuan kedua ini. Sebelumnya, pada pertemuan pertama, kedua tim sama-sama meraih hasil imbang 2-2 (27/8).

“Kami mengakui keunggulan pemain tim lawan, mereka tampil lebih tenang dan terukur. Sehingga, serangan mereka yang frekuensinya lebih sedikit daripada kami berhasil terkonversi menjadi gol. Faktor mental menjadi penentu, sebab sebagian besar pemain Persebaya sudah matang dalam kompetisi internal Persebaya,” imbuh Coach Dede.

Terlepas dari hasil akhir pertandingan ini, Coach Dede dan seluruh penggawa Bali United U-18 tentu mendapatkan pelajaran penting sebelum melangkah ke putaran ketiga EPA 2022.

“Pada putaran ketiga, kami akan coba membenahi penampilan tim. Semoga pemain kunci yang banyak absen pada putaran kedua sudah membaik dan bisa bergabung dengan tim,” tutup Coach Dede.

Hasil menghadapi Persebaya U-18 ini membuat Bali United U-18 meraih lima kemenangan, dua seri, dan tiga kekalahan dengan perolehan poin 17 di Grup C. Serdadu Tridatu Muda akan mengarungi pertandingan putaran ketiga EPA 2022 pada tanggal 14 September mendatang.

Berikut ini adalah rekap hasil pertandingan Bali United U-18 selama putaran pertama dan kedua:

PUTARAN PERTAMA

PSM Makassar 0-2 BALI UNITED
(Senin, 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WITA)

BALI UNITED 1-2 Bhayangkara FC
(Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 08.00 WITA)

Madura United FC 0-2 BALI UNITED
(Minggu, 21 Agustus 2022 pukul 15.00 WITA)

BALI UNITED 4-2 PS Barito Putera
(Rabu, 24 Agustus 2022 pukul 10.00 WITA)

Persebaya Surabaya 2-2 BALI UNITED FC
(Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 10.00 WITA)

PUTARAN KEDUA

BALI UNITED 1-0 PSM Makassar
(Selasa, 30 Agustus 2022 pukul 15.00 WITA)

Bhayangkara FC 1-1 BALI UNITED
(Jumat, 2 September 2022 pukul 08.00 WITA)

BALI UNITED FC 3-0 Madura United FC
(Senin, 5 September 2022 pukul 15.00 WITA)

PS Barito Putera 2-0 BALI UNITED
(Kamis, 8 September 2022 pukul 10.00 WITA)

BALI UNITED 0-3 Persebaya Surabaya
(Minggu, 11 September 2022 pukul 10.00 WITA)

Fokus perbaiki kekurangan dan lekas bangkit lagi boys!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS