31 October 2022

KENTAL AROMA SAMBA! INILAH BRASILIAN YANG TURUT ANDIL DALAM PERJALANAN BALI UNITED

Brasil sudah sejak lama dikenal sebagai negara produsen pesepak bola berkualitas. Dari berbagai era kompetisi, bakat-bakat asal Negeri Samba tidak pernah absen mencuri perhatian di mata dunia.

Mulai dari deretan legenda macam Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka, hingga Neymar selalu menjadi sorotan di atas lapangan hijau. Kini, tidak ketinggalan muncul nama baru yakni Endrick Felipe.

Para pemain asal Brasil juga tidak hanya sekadar berbakat secara individu, tetapi jika dikumpulkan menjadi satu kesatuan, hasilnya mengerikan. Tengok saja koleksi trofi Piala Dunia milik Timnas Brasil.

Lima trofi Piala Dunia berhasil dikoleksi oleh Timnas Brasil. Edisi pesta sepak bola dunia tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002 menjadi bukti kedigdayaan tim dengan warna kebesaran kuning itu.

Sederet gocekan lincah serta aksi individu yang atraktif menjadi ciri khas pesepak bola asal Brasil setiap kali berlaga. Berkat kemampuannya tersebut, mereka akan sulit dihadang oleh lawan.

Berkat bakat dan talenta yang dimiliki, maka tidak mengherankan jika pesepak bola asal Brasil banyak dilirik oleh tim dari berbagai penjuru dunia. Tidak terkecuali oleh klub-klub di Indonesia.

Pada BRI Liga 1, terdapat banyak bintang asal Brasil yang merumput di 18 klub peserta kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia ini. Sebanyak 29 pesepak bola dari negeri Samba memperkuat berbagai tim pada musim lalu.

Sang juara bertahan BRI Liga 1, Bali United pun tidak ketinggalan mempergunakan jasa pemain asal Brasil. Di mana, terdapat duo Samba dalam skuad Serdadu Tridatu.

Mereka adalah Willian Pacheco dan Eber Bessa. Keduanya bahkan menjadi pemain kunci di balik kesuksesan Bali United mempertahankan gelar juara BRI Liga 1 musim lalu.

Kehadiran keduanya pun memperpanjang daftar pesepak bola asal Brasil yang memperkuat tim kebanggaan masyarakat Bali ini. Berikut ini adalah deretan bintang Samba dalam skuad Bali United dari berbagai musim:

1) Willian Pacheco

Bek tengah jangkung kelahiran Sao Paulo tersebut telah memperkuat Bali United sejak tahun 2019 lalu. Sepanjang tiga musim berseragam Serdadu Tridatu, ia telah menjadi sosok penting di jantung pertahanan tim.

Setelah sempat membela sejumlah klub besar macam Persija dan Selangor FC, pemilik nomor punggung 43 tersebut mantap bergabung dengan Bali United. Total 89 penampilan dan berkontribusi atas 9 gol serta 2 assist berhasil dicatatkan olehnya.

Dengan postur setinggi 196 cm, pemain yang sempat memperkuat Timnas Brasil U-20 tersebut menjadi benteng tangguh bagi pertahanan Bali United. Dua gelar juara liga Indonesia tahun 2019 dan 2021/2022 lalu menjadi pembuktiannya.

2) Eber Bessa

Didatangkan dari klub asal Portugal, CD Nacional pada pada 8 September 2021 lalu, Eber Bessa menjelma menjadi pemain kunci Bali United. Meskipun baru bergabung, ia dapat cepat beradaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia.

Catatan lima gol dan tiga assist dari 29 penampilan sepanjang BRI Liga 1 2021/2022 sukses dibukukan oleh pemilik nama lengkap Eber Henrique Ferreira de Bessa. Ia pun turut mengantarkan Bali United merengkuh gelar juara musim lalu.

Musim ini, pemilik nomor punggung 10 itu telah mencatatkan 11 penampilan dan menyumbangkan satu gol dan assist.

3) Diego Assis

Memiliki segudang pengalaman memperkuat klub top macam Madura United, Al-Ain, Persela, dan Thai Honda FC membuat Bali United terpikat mendatangkan Diego Assis. Setelah sempat tidak bermain untuk tim apapun, ia resmi berseragam Serdadu Tridatu pada tahun 2021 lalu.

Namun sayang, kebersamaan pemain kelahiran Sao Paulo tersebut bersama Bali United tidak berlangsung lama. Pasalnya, tahun yang sama, Diego resmi dilepas usai hanya bermain satu kali di ajang Piala Menpora.

4) Demerson Bruno

Setelah malang melintang membela sejumlah klub di Brasil dan Malaysia, Demerson Bruno akhirnya mantap memulai karier di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Bali United pun dipilih sebagai pelabuhan barunya di Tanah Air.

Pemain yang sempat bermain untuk klub Chapecoense tersebut pun mencatatkan total 18 penampilan di berbagai ajang bersama Bali United. Satu golnya ke gawang FLC Thanh Hoa pada AFC Cup 2018 selalu menjadi kenangan manis baginya untuk Serdadu Tridatu.

Sayang, kebersamaan Demerson Bruno dengan Bali United tergolong singkat. Pasalnya, hanya satu musim saja ia berseragam Serdadu Tridatu sebelum hengkang ke Persela pada tahun 2019.

5) Lucas Patinho

Lucas Patinho menjadi Brasilian pertama yang membela Bali United. Datang dari klub Fluminense pada tahun 2016 lalu, ia memainkan peran sebagai gelandang serang di bawah arahan Indra Sjafri.

Selama satu musim membela Serdadu Tridatu, pemain asal Ribeirão Preto tersebut mencatatkan tujuh penampilan, satu gol, dan dua assist di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A.

Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra mencoba menjelaskan bila ada faktor pendukung yang menyebabkan orang Brasil bisa cepat adaptasi di Indonesia. Pelatih yang juga berasal dari Brasil ini menjelaskan  bila 
suasana antara negara Brasil dengan Indonesia hampir mirip. Selain itu harus ada motivasi lebih ketika keluar dari Brasil untuk bisa sukses meraih prestasi. 

"Memang rata-rata banyak orang Brasil yang melanjutkan karier sepak bola di luar negeri. Salah satunya Indonesia, dimana suasana Brasil hampir mirip dengan yang ada di Indonesia. Maka, menurut saya proses adaptasi tidak terlalu sulit dan ini yang menyebabkan banyak orang dari Brasil cepat adaptasi di Indonesia dan bahkan punya prestasi bagus karena usaha dari mereka untuk bisa sukses di Indonesia," jelas Coach Teco.

Bali United bukan hanya diperkuat oleh para pemain asal Brasil saja, tetapi juga dalam jajaran tim kepelatihan pun demikian. Musim ini sendiri, Serdadu Tridatu begitu kental memiliki aroma Samba.

Yang mana, pelatih kepala yakni Stefano Cugurra, asisten pelatih Antonio Claudio, hingga pelatih kiper Marcelo Pires merupakan kelahiran Brasil. Berkat tangan dingin dari ketiganya, Bali United pun mampu meraih prestasi gemilang merengkuh gelar juara BRI Liga 1 untuk kali kedua.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS