7 July 2022

KISAH DIBALIK PERJUANGAN GUNAWAN UNTUK KEMBALI JALANI PERTANDINGAN RESMI BERSAMA BALI UNITED

Sudah satu tahun lebih Gunawan Dwi Cahyo harus absen membela Bali United di ajang kompetisi resmi. Piala Menpora tahun 2021 lalu menjadi kali terakhir Gunawan tampil bersama Serdadu Tridatu.

Setelah kompetisi pramusim tersebut, Gunawan memutuskan untuk melakukan operasi terhadap lutut yang dirasa mengalami masalah. Pasca operasi, Gunawan lebih banyak menghabiskan waktu pemulihan dan penguatan otot agar bisa kembali bugar untuk latihan di lapangan.

Sebagai pesepak bola profesional, cedera panjang merupakan hal yang sangat merugikan. Sebab, akan banyak waktu pertandingan yang terpaksa harus dilewatkan.

Gunawan pun membagikan pengalamannya selama proses pemulihan cedera yang dialaminya. Bek tengah ini mengaku sempat mengalami stres utamanya pasca operasi akibat terbatasnya pilihan aktivitas yang bisa dijalankan.

“Sebenarnya, saat masa pemulihan dan akan kembali ke gym, pikiran saya sudah fokus untuk bisa kembali bugar. Namun, ketika pasca operasi saya sempat stres. Karena aktivitas saya terbatas di mess, jadi hanya bisa di sekitaran kamar tidur dan kamar mandi saja. Saat itu juga masih perlu memakai tongkat, itu yang membuat saya stres,” jelas Gunawan.

Meskipun demikian, eks pemain Persija ini tidak ingin terpuruk dan larut dalam rasa frustasi. Gunawan bertekad untuk bisa segera pulih sepenuhnya agar mampu kembali ke lapangan.

Selama masa pemulihan pasca operasi, terlihat Gunawan aktif membagikan aktivitasnya di ruang fisioterapi dan tempat kebugaran melalui media sosialnya. Komitmen dan perjuangan ini tentunya tidak mudah dilakukan tanpa adanya tujuan untuk semakin membaik.

Perkembangan positif pun ditunjukkan oleh bek asal Jepara ini, di mana secara perlahan ia mulai bisa kembali bermain. Pertandingan uji tanding antara Bali United melawan Persis pada 4 Juni 2022 lalu menjadi kali pertama dirinya bermain setelah sekian lama harus berada di pinggir lapangan.

Gunawan yang masuk pada menit 61 menggantikan Haudi Abdillah bermain cukup baik mengawal lini pertahanan Serdadu Tridatu. Bermain selama 30 menit, ia berhasil membuktikan bahwa dirinya belum habis.

Selepas pertandingan tersebut, Gunawan pun menuturkan bahwa akan berusaha memulihkan kondisi agar mampu tampil baik. Apalagi hasil dari fisioterapi tim, menyatakan bila mantan pemain Timnas Indonesia ini sudah bisa kembali merasakan si kulit bundar di lapangan.

“Alhamdulillah, hasil tes bersama fisioterapi dinyatakan sudah aman untuk pegang bola kembali di lapangan. Targetnya pasti ingin kembali ke penampilan terbaik ketika diberikan kesempatan oleh pelatih,” tutup Gunawan.

Gunawan hingga hari ini sudah terlihat aktif dalam kegiatan latihan di lapangan. Menjalani skema latihan fisik, teknik dan taktikal oleh tim pelatih sudah mampu secara perlahan menunjukkan penampilan yang terbaik.

Ia pun turut membantu Serdadu Tridatu meraih gelar juara Liga 1 pada tahun 2019 dan menjadi saksi hidup mempertahankan kembali trofi di musim 2021/2022. Gunawan juga menjadi salah satu pemain yang berhasil menghasilkan tiga trofi di Liga 1 usai datang dari Persija Jakarta yang menjuarai kompetisi tertinggi tahun 2018 silam ini.

Semangat Bang Gun!

 

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS