18 July 2022

KONSISTEN BINA BAKAT MUDA, PERLAHAN BALI UNITED MULAI TUAI HASIL MANIS

Sudah sejak lama prestasi dijadikan sebagai salah satu tolok ukur kesuksesan sebuah klub sepak bola. Semakin banyak gelar yang dimiliki, maka tim tersebut akan dianggap sukses.

Maka dari itu, segala cara dilakukan untuk bisa meregkuh gelar baik di level kompetisi domestik maupun internasional. Mulai dari memperbaiki struktur manajerial, membangun infrastruktur mumpuni, hingga mendatangkan pelatih dan sejumlah pemain top.

Namun, ada salah satu cara yang tidak kalah penting bagi sebuah klub untuk mendapatkan prestasi, yakni pembinaan pemain usia muda. Ya, langkah ini kerap kali dilupakan demi mengejar gelar secara instan.

Akibatnya, banyak talenta muda yang seharusnya bisa dibina dan diasah kemampuannya menjadi terlupakan. Bali United pun sadar akan hal tersebut, sehingga sejak pertama kali klub ini didirikan, pengembangan serta pembinaan pesepak bola belia menjadi salah satu fokus utama tim.

Hal tersebut dibuktikan dengan dibentuknya tim akdemi Bali United Youth. Melalui sitem pembinaan pemain yang berkelanjutan dan berjenjang dari kelompok U-14 hingga U-21, sejumlah bakat potensial lahir dan semakin terasah.

Berkat kesabaran membentuk pemain, hasil manis mulai dituai oleh Bali United. Beberapa penggawa andalan Serdadu Tridatu berasal dari pembinaan tim Bali United Youth.

Diantaranya adalah I Made Andhika Wijaya dan Kadek Agung yang merupakan produk tempaan Bali United Youth U-21. Mereka berdua mampu tampil konsisten hingga bisa mendapatkan tempat dan menjadi andalan di tim Bali United. Keduanya bahkan mampu membatu Serdadu Tridatu meraih dua gelar juara Liga 1 beruntun pada tahun 2019 dan 2021.

Selain Andhika dan Kadek Agung, terdapat pula tiga pemain lain binaan Bali United Youth yang sukses menembus skuad utama Bali United. Mereka adalah Komang Tri Arta, Kadek Dimas, dan Gede Agus Mahendra.

Kini, menjelang kompetisi Liga 1 2022/2023, semakin banyak pemain asal Bali United Youth yang naik kelas ke tim senior Bali United. Musim ini, ada dua amunisi muda yang mendapat kesempatan yakni Komang Aryantara dan I Made Tito Wiratama. Keduanya sendiri menjadi bagian penting saat Serdadu Tridatu Muda meraih gelar juara Elite Pro Academy (EPA) U-18 lalu.

Dipromosikannya Komang Aryantara dan Made Tito membuat saat ini total terdapat enam pemain asli produk tim akademi Bali United Youth dalam skuad utama. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pembinaan pesepak bola muda dalam tim Bali United telah berlangsung dengan baik dan berada di jalan yang benar.

Selain membela tim senior Bali United, terdapat pula pemain binaan akademi Serdadu Tridatu yang bergabung dengan tim elit lainnya. Sebut saja Meru Kimura (RANS Nusantara FC) dan Irfan Jauhari (Persis).

Tahun ini, Bali United juga kembali memberi kesempatan besar bagi pesepak bola muda di seluruh Indonesia untuk bergabung mengikuti jejak sukses para pemain tersebut bermain di level tertinggi. Melalui program seleksi bertajuk "The Next Gen Bali".

Kehadiran pembinaan pemain muda tentu harus terus dilakukan. Sebab kemajuan sepak bola Indonesia juga bergantung di kaki-kaki talenta belia ini.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS