17 November 2022

KTT G20 BERAKHIR, BALI UNITED TERNYATA IKUT MEMERIAHKAN PERTEMUAN PIMPINAN DUNIA, APA ITU?

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali sejak hari Selasa (15/11) dan Rabu (16/11) yang berlangsung di Apurva Kempinski, Nusa Dua telah berakhir. Pada hari Kamis (17/11), para pemimpin dari 20 negara dan delegasi tamu undangan satu persatu telah meninggalkan Indonesia.

Dikutip dari situs Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.  

G20 merupakan representasi lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.  Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Berakhirnya pertemuan para pemimpin dunia tersebut diharapkan menghasilkan sesuatu yang dapat membantu perekonomian dan berbagai sektor kerjasama untuk dapat menguatkan hubungan antar negara agar berkembang dan terus maju.

Pada pertemuan G20 tersebut, tim sepak bola profesional di Liga 1, Bali United turut mendukung acara pertemuan antar dunia tersebut. Dukungan tersebut melalui penyediaan cover grass untuk acara gala dinner yang dilaksanakan pada hari Selasa (15/11) malam lalu di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Nusa Dua.

Bentuk dukungan ini terlihat dari perwakilan manajemen Bali United, I Ketut Suantika yang membagikan foto kegiatan dari panitia Stadion Dipta yang bekerja membantu memasang cover grass di lokasi penyelenggaraan makan malam para pemimpin dunia tersebut.

“Ternyata kita dari Bali United ikut serta menyukseskan G20 di Bali. Ini adalah bentuk support kelancaran G20 melalui penyediaan cover grass. Astungkara Indonesia khususnya Bali bisa membaik di segala bidang,” ungkap I Ketut Suantika alias Rojak.

Cover grass sendiri berfungsi sebagai alat untuk melindungi rumput agar tidak rusak di kawasan Garuda Wisnu Kencana yang dijadikan venue makan malam tamu undangan G20.

Bali United sendiri telah memiliki cover grass sejak tahun 2019 lalu dan digunakan sebagai pelindung rumput lapangan stadion Dipta saat perayaan juara Liga 1 2019 lalu.

Pasca perayaan juara tersebut, cover grass milik Bali United dijadikan salah satu unit bisnis Bali United untuk disewakan dalam berbagai acara akbar lainnya.

Salah satunya adalah mendukung pelaksanaan gala dinner KTT G20 di Garuda Wisnu Kencana.

Acara yang dihadiri para pemimpin negara ini berjalan lancar dan sukses. Para delegasi terlihat kagum saat disuguhi beragam atraksi budaya dan seni yang menggambarkan keberagaman Indonesia.

Wishnutama adalah sosok di balik kesuksesan pertunjukan atraksi budaya yang memanjakan mata tersebut. Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini diketahui mendapat kepercayaan sebagai koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan G20.

Keahliannya dalam memegang suatu pertunjukan pun sudah diakui, salah satunya adalah opening ceremony Asian Games 2018 merupakan hasil dari tangan dinginnya.

Sumber Foto: Dokumentasi I Ketut Suantika.

 

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS