25 April 2020

MENGENAL DUNIA KEPELATIHAN SEJAK KECIL, INI SOSOK DIBALIK KESUKSESAN TECO SEBAGAI PELATIH

Sosok pelatih Bali United, Stefano Cugurra Rodrigues atau lebih dikenal Coach Teco tentu menjadi daya tarik tersendiri sebagai seorang pelatih kepala di kompetisi tertinggi di Indonesia. Terbukti, ia mampu menjadi pelatih yang sudah mengantongi dua penghargaan "Best Coach" secara beruntun saat mengantarkan Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018 dan Bali United juara Liga 1 2019.

Prestasinya ini tentu tanpa alasan. Mulai mengenal tipikal permainan Liga di Indonesia saat menjadi asisten pelatih Jacksen F. Tiago. Saat itu, Persebaya menjadi juara Liga tahun 2004 sebelum akhirnya ia bernomaden ke Liga  Malaysia hingga Thailand dan kembali lagi ke Indonesia.

Selain kaya akan pengalamannya di Asia, ternyata ayah kandung dari Coach Teco juga adalah seorang pelatih sepak bola. Ia pernah juga menjadi arsitek Persebaya di Liga Indonesia pada tahun 2007. Dia adalah Gildo Rodrigues. Teco pun mengakui bila ia banyak belajar dari seorang ayahnya tersebut.

"Saya banyak belajar ilmu kepelatihan dari ayah saya. Saya belajar banyak program latihan dari Brazil. Saya ikut dia sebagai pelatih sepak bola di beberapa negara seperti Kuwait, Liberia, UEA, Bahrain, USA hingga Indonesia bersama tim Persebaya," ujar Coach Teco.

"Saya terkesan saat ikut ayah berkarier di Kuwait. Waktu itu ayah saya sering membawa timnya juara Liga dan Copa di sana. Selain itu, dia juga pernah menangani Timnas Kuwait. Hingga akhirnya saya suka sepak bola dari ayah saya karena pekerjaannya," tambah Coach Teco.

Lebih lanjut, Coach Teco pun mengakui bila makanan favoritnya sewaktu datang pertama kali ke Indonesia saat menjadi rekan Coach Jackson adalah nasi goreng. Selama setahun tinggal di Surabaya, ia baru menemukan rawon sebagai salah satu menu favoritnya hingga saat ini.

"Makanan favorit saya saat pertama kali datang ke Indonesia adalah nasi goreng. Setelah setahun tinggal di Indonesia saya menemukan rawon saat di mess Persebaya waktu itu. Sekarang rawon menjadi salah satu menu favorit saya," tutup Teco.

Luar Biasa Coach Teco!





Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS