20 October 2022

MENJELANG PIALA DUNIA U-20 2023, SARAN DARI SUPORTER BALI UNITED JADI MASUKAN PENTING BAGI STADION DIPTA!

Indonesia secara resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023. Kepastian membanggakan tersebut diumumkan melalui FIFA Council Meeting di Shanghai, China pada 24 Oktober 2019 lalu.

Berbagai persiapan terbaik mulai dari segi infrastruktur maupun yang lainnya sudah dilakukan agar ajang bergengsi ini dapat sukses bergulir.

Berbicara soal infrastruktur, sebanyak enam stadion terbaik di negeri ini telah disiapkan untuk menyambut pesta sepak bola usia muda tahun depan. Tersebar di berbagai kota, arena megah siap menjadi arena pertempuran bintang sepak bola belia.

Mulai dari Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Soreang Bandung, Stadion Manahan Solo Jawa Tengah, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, hingga Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali disiapkan.

Secara khusus, Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi semakin layak untuk menggelar laga Piala Dunia U-20. Berbagai fasilitas modern dan berstandar dunia sudah lengkap tersedia di arena kebanggaan masyarakat Bali ini.

Sebut saja tribun dengan single seat, pagar pembatas tribun rendah, pintu masuk elektrik, ruang jacuzzi di kamar ganti pemain, Bali United Cafe, Bali United Megastore, dan sederet fasilitas mumpuni lainnya sudah tersedia di Stadion Dipta. Jangan pula lupakan rumput hijau kualitas dunia yang berstandar FIFA siap menjadi panggung aksi bintang muda dunia.

Berbagai fasilitas tersebut pun membuat Stadion Dipta layak menggelar pertandingan bergengsi di Piala Dunia U-20 mendatang.

Namun, walau sudah terlihat sempurna, Stadion Dipta juga tetap perlu kembali mendapatkan renovasi menjelang dimulainya Piala Dunia U-20. Sebab, seluruh stadion yang disiapkan menggelar ajang bergengsi ini terakhir kali bersolek pada tahun 2021 lalu.

Pandemi Corona yang masih mengganas waktu itu membuat agenda Piala Dunia U-20 harus mengalami penundaan hingga tahun 2023. Maka dari itu, seluruh stadion tuan rumah akan kembali direnovasi.

"Jadi begini, ini stadion dipersiapkan 2021, tapi FIFA mengundur tahun 2023, makanya ada kebijakan boleh digunakan dan pasti rumput perlu perbaikan dan perawatan kembali, dan saya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan sudah berkirim surat kepada FIFA bahwa renovasi akan dimulai Insya Allah akhir Oktober ini. Berarti setelah diadakan renovasi lagi, maka tidak boleh untuk kegiatan lain sampai nanti penyelenggaraan Piala Dunia U-20 berakhir," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali

Melihat hal tersebut, kelompok suporter pendukung Bali United pun turut memberikan saran serta masukan membangun terkait perbaikan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Melalui acara sosialisasi Safety and Security Stadion Dipta pada Sabtu (15/10) lalu, beberapa poin penting disampaikan.

Kelompok suporter Bali United memberi masukan perbaikan infrastruktur maupun keamanan area Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai berikut:

1) Peningkatan petugas keamanan di stadion baik di area dalam maupun luar,
2) Ketersediaan lahan parkir yang memadai,
3) Penyediaan alarm antisipasi bencana,
4) Klinik pertolongan pertama,
5) Jalur serta tanda evakuasi bencana.

Berbagai poin penting dari para suporter tersebut pun menjadi masukan penting bagi manajemen Bali United sekaligus Pemda Gianyar dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam upaya renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pun mengingatkan dengan tegas bahwa seluruh persiapan menyambut Piala Dunia U-20 ini termasuk juga stadion harus dilakukan dengan profesional.

“Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai standar FIFA dan ditangani secara baik, secara profesional,” tegas Presiden Jokowi dilansir dari Setkab.go.id.

Semoga seluruh proses persiapan Piala Dunia U-20 2023 dapat berjalan dengan lancar!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS