28 November 2022

MILIKI HOBI YANG SAMA DENGAN GARETH BALE, LEONARD TUPAMAHU BAGIKAN DAMPAK POSITIF BERMAIN GOLF

Pesepak bola adalah manusia biasa yang tetap dapat merasakan penat dan kejenuhan ketika semua hal dilakukan dengan dunia sepak bola.

Ternyata ada satu kebiasaan olahraga lain yang mengusir kejenuhan tersebut dan menjadi hobi yaitu bermain golf seperti yang dilakukan Gareth Bale dan beberapa pesepak bola dunia lainnya. 

Pemain Bali United, Leonard Tupamahu juga menyukai salah satu olahraga menggunakan tangan dan stik pemukul bola ini yang dilakukan juga di lapangan hijau. 

Maka dari itu, untuk melepaskan perasaan jenuh atau lelah tersebut, para pemain memiliki hobi lain di luar dunia kulit bulat seperti bermain golf.

Ada juga yang memiliki cara mengusir kejenuhan dengan bermain video game, bernyanyi, dan lain sebagainya. Banyak pula yang tetap memiliki hobi olahraga tetapi berbeda cabangnya.

Permainan asal Skotlandia tersebut ternyata turut digandrungi oleh salah seorang penggawa Bali United, yakni Leonard Tupamahu.

Bek tangguh tersebut bahkan telah bermain golf sejak tahun 2006 silam. Sosok keluarga dari manajer klubnya kala itu, yakni Persija Jakarta menjadi yang kali pertama mengenalkannya pada olahraga ini.

Kala itu, Leo kerap bermain bersama rekannya asal Singapura yaitu Noh Alam Shah.

Hobi pemilik nomor punggung 32 itu pun masih berlanjut sampai berkarier dengan Bali United saat ini.

Berbagai dampak positif yang dirasakan setiap kali bermain golf membuat ayah satu putri itu tekun mendalaminya.

Dilansir dari berbagai sumber, bermain golf memang dapat membawa hal positif seperti mengurangi stres, menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak, hingga membakar kalori.

Hal tersebutlah yang dirasakan Leonard dan sangat berkorelasi serta penting dalam menunjang tugasnya di atas lapangan hijau dalam mengawal pertahanan tim.

"Buat saya pribadi bermain golf itu menjadi terapi tersendiri untuk saya. Terapi melawan rasa emosi yang sering meluap ketika serius saat latihan maupun pertandingan menjaga lini pertahanan tim. Bermain golf mengajarkan saya untuk sabar, tenang, tidak mudah kecewa dan fokus setiap pukulan bola yang saya mainkan," ujar Leonard.

Lebih lanjut, ternyata kolektor dua trofi juara Liga 1 ini tidak hanya sekadar aji mumpung. Pasalnya ia juga pernah mengikuti turnamen di Kota Malang.

"Golf juga mengajarkan saya untuk bisa respek ketika teman lain memainkannya. Memuji mereka ketika memukul bola dengan hasil yang diperoleh. Saya juga bangga pernah ikut Monthly Golf Tournament di Malang," ucap Leonard dengan bangga.

Meskipun tergolong sebagai olahraga yang cukup mahal, ternyata cukup banyak juga bintang sepak bola yang memiliki hobi bermain golf seperti Leonard.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah di antaranya:

1) Gareth Bale

Eks bintang Real Madrid ini sudah sangat terkenal memiliki kecintaan pada golf. Bahkan, akibat hal tersebut, dirinya sempat beberapa kali membuat kontroversi.

Salah satunya yang masih diingat oleh para pecinta sepak bola adalah pada ajang Euro 2020 lalu. Tepat saat sukses membawa Wales menang 2-0 atas Hungaria (19/11/2019), Bale membentangkan bendera negaranya dengan tulisan kontroversial.

Tepat di bendera tersebut terdapat tulisan “Wales, Golf, Madrid, In That Order” yang berarti “Wales, Golf, Madrid, Sesuai Urutan”.

Hal tersebut pun sempat menyulut emosi pihak klub dan fans Real Madrid.

Namun, terlepas dari kejadian itu, Bale memang mencintai olahraga golf ini. Terbukti, pemain Los Angeles FC tersebut memiliki lapangan sendiri di halaman rumahnya di Wales.

Di tengah padatnya agenda Piala Dunia 2022 Qatar, Bale pun masih menyempatkan diri menyalurkan hobinya tersebut.

Beberapa sumber pun menyebutkan bahwa kapten Timnas Wales tersebut tetap bermain golf meskipun hanya melalui sebuah simulator saja di tempat tim menginap.

2) Andriy Shevchenko

Legenda klub AC Milan tersebut bukan hanya menjadikan golf sebagai hobi, tetapi ia sangat serius.

Bahkan Shevchenko telah memulai debut sebagai pegolf profesional pada tahun 2013 di turnamen Piala Kharkov Superior yang merupakan rangkaian dari seri Challenge Tour.

Pria asal Ukraina tersebut juga pernah ditunjuk sebagai duta turnamen golf antartim dari Eropa dan Amerika Serikat yakni Ryder Cup 2018 lalu.

3) Alan Shearer

Penyerang legendaris klub Newcastle United dan Timnas Inggris, Alan Shearer juga kerap diketahui menghabiskan waktu dengan bermain golf.

Pencetak 356 gol di Premier League selama aktif bermain tersebut bahkan sering terlibat dalam acara amal dengan golf.

Terlepas dari apapun hobi yang sedang digeluti, selama itu membawa dampak positif bagi diri sendiri maupun lingkungan, maka lakukanlah.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS