21 June 2018

PARAS PAROS, KONSEP SALAH SATU MURAL DI BALI UNITED CAFE YANG MENCERITAKAN TENTANG KERJA SAMA TIM

    Bali United Cafe yang hampir satu bulan ini resmi dibuka untuk umum benar-benar menjadi perhatian publik sepak bola Bali maupun nasional. Bali United Cafe memang bisa dibilang merupakan Cafe pertama di Indonesia yang berada di stadion sepak bola dan menghadap langsung ke lapangan.
    Namun belum banyak yang mengenal konsep mural yang ada di Bali United Cafe itu sendiri. Ternyata dalam pembangunan Bali United Cafe, manajemen Bali United berkolaborasi dengan dua seniman asli Bali, salah satunya bernama, I Nyoman Primahita Gunadharma (Vonzealous Pontil) dalam hal konsep interior. Adapun konsepnya bertema "Paras Paros".
    Menurut pria yang akrab disapa Pontil tersebut, konsep Paras Paros merupakan semangat kebersamaan yang sangat cocok diaplikasikan kedalam permainan sepak bola.
    1. "Dalam mural ini, saya mencoba untuk mengaplikasikan/menggambarkan konsep kehidupan umat di Bali yaitu Paras Paros. Filosofi Paras Paros itu sendiri adalah semangat kebersamaan yaitu setia sepenanggungan atau setia sekata dalam menjaga keharmonisan
Tri Hita Karana
    khususnya hubungan antara manusia dan lingkungannya," ujar pria asal Mengwi, Badung ini.
    "Konsep Paras Paros sangat tepat jika diaplikasikan kedalam permainan sepak bola. Karena pada dasarnya permainan di lapangan akan berhasil dan berjalan dengan baik apabila didukung kerjasama satu tim melalui semangat kebersamaan dan persamaan visi dan misi," imbuhnya.
    Ia juga menjelaskan tentang ilustrasi "Bola" yang ada dalam mural tersebut. Menurutnya "Bola" tersebut menggambarkan adanya satu visi dan misi dalam mencapai suatu tujuan bersama.
    “Bola dimulai dari penjaga gawang yang diberikan makna jika semua hal yang bermakna kebeberhasilan harus dimulai dari awal dan direncanakan secara matang. Kesebelasan pemain menggambarkan elemen yang akan memberikan kemenangan diatas lapangan. Sementara dinding ini yang nantinya akan berinteraksi langsung dengan staff cafe dan pengunjung. Nantinya mereka akan menjadi pemain ke-12 yang akan membawa semangat “Paras Paros” ini dikehidupan nyata," tutupnya.
    Secara visualisasi memang terlihat kolaborasi yang menarik dari mural Paras Paros ini. Adanya perpaduan tiga unsur (Tridatu) yakni antara Manusia Daun sebagai karakter Vonzealous, Sepak Bola, dan Paras Paros itu sendiri membuat adanya koneksi dari Bali United sendiri sebagai Serdadu Tridatu.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS