1 August 2022

PASCA “THE NEXT GEN BALI”, BAGAIMANA KESIAPAN TIM BALI UNITED YOUTH U-18 JELANG ELITE PRO ACADEMY MUSIM INI?

Bali United Youth U-18 terus menggenjot persiapannya jelang turun pada kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-18 2022. Selepas menemukan pemain terbaiknya dari ajang seleksi “The Next Gen Bali”, skuad Serdadu Tridatu Muda ini langsung tancap gas berlatih bersama.

Tidak hanya mengadakan latihan rutin, tetapi anak asuh I Gde Mahatma Dharma alias Coach Dede ini juga melakukan laga uji coba. Terhitung, Bali United Youth U-18 telah melakoni tiga pertandingan uji coba melawan tim lokal di Bali.

Tim Porprov Badung menjadi lawan pertama yang dihadapi oleh pasukan Serdadu Tridatu Muda pada Jumat (29/7) lalu. Bermain di Stadion Gelora Samudra Kuta, Gung Dwi dan kolega berhasil mendapat kemenangan 3-2 atas lawannya tersebut.

Satu hari berselang, tepatnya pada Sabtu (30/7) lalu, Bali United Youth U-18 kembali bertanding melawan tim Porprov Tabanan di Stadion Debes, Tabanan. Berkat sejumlah catatan penampilan dari laga sebelumnya, skuad Serdadu Tridatu Muda ini berhasil menang meyakinkan dengan skor akhir 4-1.

Belum puas, sore tadi (1/ 8) tim juara EPA 2021 itu kembali menggelar pertandingan uji coba ketiga. Kali ini adalah tim Porprov Denpasar yang menjadi rival pada laga yang digelar di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya. Berkat permainan yang lebih baik dari dua partai sebelumnya, skuad Bali United Youth U-18 itu berhasil menang 2-0 atas lawannya.

Meskipun timnya sudah berhasil menyapu bersih seluruh laga uji coba dengan kemenangan, tetapi Coach Dede enggan jumawa. Sebab, masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diperbaiki dari penampilan tim Bali United Youth U-18 sebelum mengarungi EPA 2022.

“Sejauh ini telah 70% dan masih sesuai harapan. Kami masih memperbaiki penyelesaian akhir. Sedangkan untuk membangun serangan dan progresi ke depan sudah bagus dan skema permainan sudah berjalan. Hanya tinggal penyelesaian akhir untuk mencetak gol yang belum dapat,” ujar Coach Dede.

Lebih lanjut, terjadi perubahan jadwal gelaran Elite Pro Academy U-18 2022. Di mana, sebelumnya direncanakan akan memulai sepak mula pada 6 Agustus, tetapi ada sedikit penyesuaian sehingga mundur menjadi 16 Agustus mendatang.

Kompetisi sepak bola usia muda ini juga menurut rencana masih akan berformat home tournament atau berpusat di satu kota penyelenggara. Kota Surabaya atau Malang pun direncanakan menjadi satu pusat digelarnya EPA 2022.

Meskipun sebelumnya berharap akan bermain di Bali, tetapi Coach Dede tidak mempermasalahkan hal tersebut. Justru pelatih terbaik Liga 1 U-18 2020 silam itu melihat dengan sistem home tournament, mental sekaligus kemandirian yang menjadi salah satu elemen kunci sukses menjadi pesepak bola diuji dan terasah.

“Tidak mengapa, meskipun memang lebih bagus jika di Bali. Karena anak-anak bisa dekat dengan keluarga, tetapi kalau misalkan away, bagus untuk mental mereka dalam proses ke depannya sebagai pemain sepak bola,” ungkap Coach Dede.

Mundurnya jadwal pelaksanaan Elite Pro Academy 2022 tentu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Coach Dede serta seluruh anggota tim Bali United U-18 untuk meracik susunan pemain terbaik. Selain itu, latihan rutin serta pertandingan uji coba penting dilakukan untuk mengasah mental bertanding seluruh pasukan Serdadu Tridatu Muda.

Seluruh pemain Bali United Youth U-18 sendiri terus berlatih rutin di atas lapangan hijau demi mengasah kekompakan serta pengaplikasian taktik yang matang.

Semangat terus boys!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS