13 January 2023

PELATIH BALI UNITED BANDINGKAN 2 NEGARA INI KETIKA KOMPETISI TANPA DEGRADASI

Kompetisi sepak bola Indonesia sedang ramai menjadi perbincangan usai Liga 2 harus dihentikan dan Liga 1 tanpa degradasi.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra pun memiliki pengalaman melatih di sebuah kompetisi yang tanpa degradasi.

Coach Teco pernah melatih sebuah klub di 2 negara berbeda yang pernah menerapkan sistem kompetisi tanpa degradasi.

Hasilnya, terdapat perbedaan dalam permainan dan semangat dalam melakoni pertandingan antara tim yang berada di papan atas dengan yang berada di papan bawah.

Ketimpangan terjadi karena tidak adanya persaingan untuk tidak turun kasta kedua di Liga.  

“Saya dulu pernah kerja di Liga Singapura yang adalah negara kecil. Tapi di sana kompetisi situasi yang sama, tidak ada degradasi. Tim yang di atas masih semangat buat kejar juara dan permainan mereka tetap bagus dan semangat. Sementara tim yang ada di papan bawah karena tidak ada degradasi, hasilnya bisa 4-0, 5-0. 6-0. Ini pengalaman dari negara lain yang tidak ada degradasi dan saya pikir tidak bagus,” ungkap Coach Teco.

Selain Singapura, Teco juga pernah berkarier di Amerika Serikat yang pernah memiliki dua Liga tapi tidak memiliki sistem promosi dan degradasi.   

“Saya juga pernah di Amerika dan ada dua liga tapi tidak naik turun dan situasi tidak bagus. Seharusnya memang ada degradasi biar kualitas kompetisi semakin bagus,” jelas Coach Teco.

Bali United sendiri saat ini berada di peringkat ke-2 dengan 33 poin dan sedang bersaing dengan kelima tim lainnya yang memiliki jarak poin berdekatan.

Mereka adalah PSM Makassar dengan 34 poin, yang menghuni peringkat pertama sekaligus menjadi juara paruh musim 2022/2023.

 Kemudian Madura United, Persib Bandung berada di bawah dari Bali United dengan perolehan jumlah poin yang sama yaitu 33 poin dan disusul Persija Jakarta dan Borneo FC Samarinda dengan 32 poin.

Arema FC berada di peringkat ke-7 memiliki  26 poin yang berjarak dengan 6 tim di papan atas.

Sementara papan bawah ada PS Barito Putera dengan 15 poin, Dewa United FC dengan 14 poin dan Persik Kediri dengan 10 poin sebagai tim dasar klasemen sementara musim ini.***

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS