10 November 2022

PERINGATAN 10 NOVEMBER, JAJANG MULYANA SEBUT MANTAN KIPER BAYERN MUNCHEN ASAL INDONESIA ADALAH SOSOK BERJASA DALAM KARIERNYA

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, skuad Bali United pada hari Kamis (10/11) ini kembali melakoni program latihan bersama di lapangan Trisakti, Legian sore tadi. Sebelum memulai latihan, pelatih, offcicial dan pemain terlebih dahulu menundukkan kepala dari pinggir lapangan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Usai mengenang jasa para pahlawan, para pemain melanjutkan program latihan yang telah disiapkan oleh tim pelatih. Mengenang peringatan 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan, para penggawa Serdadu Tridatu menuturkan para pahlawan kehidupan mereka hingga menjadi seorang pemain profesional di lapangan hijau.

Salah satu pelatih Indonesia menjadi salah satu pahlawan yang menemukan bakat Jajang Mulyana. Selain itu, pegiat sepak bola yang pernah menjadi kiper Bayern Munchen juga disebut sebagai orang yang turut berjasa dalam perjalanan karier pemain asal Sumedang ini.

“Coach Bambang Nurdiansyah dan om Rahim Soekasah karena mereka yang menemukan bakat saya sebelum menjadi pemain profesional,” ungkap Jajang.

Coach Bambang Nurdiansyah adalah legenda lapangan hijau yang merupakan seorang pelatih dan mantan pemain Timnas Indonesia. Peraih medali emas SEA Games 1991 ini sempat menjadi pelatih di beberapa tim besar Indonesia, seperti Persija Jakarta, PSIS Semarang dan Rans Nusantara FC (dulu Rans Cilegon FC). Pada musim ini, ia menahkodai tim Liga 2, Persipal Palu.

Sementara nama kedua yang disebut oleh Jajang adalah sosok manajer dan pelatih Pelita Jaya. Tim yang membesarkan nama Jajang ketika masih bermain sebagai seorang striker. Rahim Soekasah juga pada saat masih aktif sebagai pemain sempat menjadi orang pertama asal Indonesia yang pernah menjadi kiper raksasa Bundesliga, Bayern Munchen.

Peristiwa bersejarah itu terjadi saat Rahim sedang menjalani studi di sebuah akademi perhotelan, pada tahun 1971-1978 di Jerman. Sebagai mahasiswa yang aktif di kegiatan sepak bola kampusnya, ia punya kesempatan langka yakni diajak berlatih tanding dengan Munchen yang diperkuat oleh Gerd Muller di lapangan milik kampusnya.

Gerd Muller sendiri merupakan salah satu legenda sepak bola kebanggaan publik Jerman, dan suporter The Bavarians. Ia pernah mencetak total 566 gol untuk Munchen. Dan mempersembahkan beberapa gelar prestisius salah satunya adalah 4 gelar Bundesliga, 4 DFB Pokal, dan 3 gelar Liga Champions.

Terakhir, Rahim Soekasah sempat menjadi chairman klub asal Australia, Brisbane Roar dan digadang-gadang menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI tahun 2020 lalu.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS