14 October 2022

SHIN TAE-YONG ANCAM MUNDUR! INILAH BEBERAPA PEMAIN BALI UNITED YANG MAJU SEBAGAI ANAK ASUHNYA DI TIMNAS INDONESIA

Jagad sepak bola Indonesia selama beberapa pekan terakhir selalu dibuat ramai oleh berbagai pemberitaan. Mulai dari Tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban dan tindakan penyelesaiannya.

Kini, belum kering air mata akibat tragedi tragis tersebut, para pecinta sepak bola Indonesia kembali dibuat terguncang. Hal tersebut tidak lepas dari kabar mengejutkan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut secara mengejutkan mengeluarkan ancaman bahwa akan mundur dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia jika ketua PSS, Muhammad Iriawan mundur. Melalui unggahan foto dalam akun Instagram pribadinya, ia menyatakan sikapnya tersebut.

Hal tersebut sontak membuat pecinta timnas terkejut sekaligus membuat jagat maya menjadi ramai karenanya. Pasalnya, pernyataan pelatih berusia 52 tahun itu menyeruak di tengah derasnya tuntutan agar ketua PSSI tersebut mundur dari posisi ketua PSSI sebagai bentuk pertanggungjawaban atas Tragedi Kanjuruhan.

Reaksi terkejut dari ribuan pecinta sepak bola Indonesia terhadap ancaman mundurnya mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut tentu wajar. Sebab, di bawah tangan dinginnya, Timnas Indonesia dibawa perlahan bangkit dari keterpurukan.

Sederet perubahan drastis berhasil ditorehkan oleh Shin Tae-yong kepada tim nasional selama membesut skuad Garuda sejak tahun 2019 silam. Meskipun sempat mengalami jatuh bangun saat awal, tetapi kini hasilnya mulai terasa.

Berbagai catatan membanggakan sukses dicapai oleh Timnas Indonesia selama dilatih oleh Shin Tae-yong. Mulai dari mengantarkan skuad Garuda lolos Piala Asia 2023 setelah menanti selama 15 tahun lamanya.

Kemenangan dengan skor akhir 2-1 atas Kuwait pada babak kualifikasi juga menjadi sejarah tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya, ini menjadi pertama kalinya setelah 42 tahun lamanya skuad Merah Putih menang atas Kuwait.

Tidak hanya itu, di level junior, Shin Tae-yong juga membuat Timnas Indonesia U-23 bertaji usai berhasil lolos ke Piala Asia U-23 2023 mendatang. Skuad Garuda Muda melenggang ke Uzbekistan setelah memuncaki Grup F dan menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan.

Sederet catatan tersebut pun membuat ranking FIFA Indonesia meroket tajam. Jika sebelumnya berkutat di posisi 175 FIFA, kini Merah Putih berada di posisi 152 FIFA dengan koleksi 1033,9 poin.

Dua kemenangan dalam agenda FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 dan 27 September lalu juga berpengaruh besar atas kenaikan peringkat FIFA Indonesia.

Menghadapi timnas berperingkat 84 FIFA itu, skuad Garuda sukses menggondol dua kemenangan dengan skor 3-2 dan 2-1.

Hasil manis tersebut tentu tidak serta merta dapat langsung diraih. Ada sederet proses panjang dan melelahkan di baliknya. Mulai dari memperbaiki kebiasaan skuadnya, menyusun pola latihan taktik dan fisik ekstra keras, hingga memilih pemain yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Berbicara soal pemain, Shin Tae-yong tidak pernah sembarangan. Pasalnya, ia selalu memanggil deretan pesepak bola yang memang bugar dan berada dalam performa terbaik.

Dari sejumlah nama pemain yang pernah menghiasi daftar panggilan dari Shin Tae-yong, beberapa penggawa Bali United kerap kali berada di dalamnya.

Nama Nadeo Arga Winata dan Irfan Jaya menjadi yang sering dipanggil bertugas membela panji Garuda dalam berbagai ajang internasional.

Keduanya bahu membahu menunjukkan membantu Timnas Indonesia saat Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2021 lalu.

Namun, ternyata Shin Tae-yong bukan hanya pernah memanggil dua pemain tersebut saja. Masih ada beberapa penggawa Bali United lainnya yang pernah merasakan tangan dingin pelatih kelahiran 11 Oktober 1970 tersebut.

Berikut ini adalah daftarnya:

1) Nadeo Arga Winata

Ketangguhannya di bawah mistar gawang baik bersama Bali United maupun Timnas Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pemilik nomor punggung 1 itu pun selalu menjadi andalan mengisi slot kiper skuad Garuda dalam berbagai ajang bergengsi seperti Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF 2021, FIFA Matchday, maupun laga uji coba internasional.

Bersama Coach Shin Tae-yong, Nadeo mempersembahkan gelar runner up Piala AFF 2021. Penyelamatan heroiknya menepis sepakan penalti Faris Ramli saat Indonesia bersua Singapura (25/12/2021) akan selalu dikenang.

2) Irfan Jaya

Terkenal memiliki kecepatan dan daya jelajah yang luar biasa, Irfan Jaya menjadi salah satu pemain andalan di sisi sayap Timnas Indonesia. Dengan kelebihannya tersebut, ia sering mengisi posisi kanan penyerangan skuad Shin Tae-yong.

Pemain yang akrab disapa Irja ini pun turut membantu Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2020 lalu.

3) Yabes Roni

Pemain asal Alor ini juga pernah merasakan asuhan seorang Shin Tae-yong. Ia turut serta ke dalam skuad Timnas Indonesia yang berjuang di ajang Piala AFF 2021 lalu.

Yabes juga sempat mengikuti program pemusatan latihan skuad Garuda untuk Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober tahun lalu.

4) Kadek Agung

Berposisi sebagai gelandang serang, Kadek Agung memiliki kemampuan membagi bola sekaligus tendangan keras terarah. Kemampuan tersebut menjadi salah satu alasan Shin Tae-yong terpikat dan memboyongnya ke dalam skuad Timnas Indonesia.

Sebelum cedera, pemilik nomor punggung 18 ini membela Garuda pada saat Kualifikasi Piala Dunia. Ia pun sempat membuat gol pembuka yang fantastis Indonesia ke gawang Thailand (3/6/2021).

5) Kadek Arel Priyatna

Kadek Arel kini tengah berjuang dalam program pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di bawah arahan Shin Tae-yong. Bek tengah belia ini masuk ke dalam 34 nama skuad yang diproyeksikan berlaga di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia FIFA U-20 2023 mendatang.

Kini, Arel sudah menjalani serangkaian program latihan di Jakarta dan rencananya akan terbang ke negara Turki dan Spanyol untuk melakoni tahap latihan selanjutnya.

6) Komang Aryantara

Tidak ketinggalan, kiper muda Komang Aryantara juga pernah mencicipi program latihan dari Shin Tae-yong. Pemain berusia 17 tahun ini sempat menjajal TC Timnas Indonesia U-20 menjelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 25 Agustus hingga 6 September lalu di Jakarta.

Namun sayang, Komang belum berkesempatan membela Garuda Nusantara setelah gugur pada seleksi tahap pertama.


Melihat kondisi saat ini, seluruh rakyat Indonesia dan pecinta timnas tentu hanya bisa memberikan harapan terbaik untuk persepakbolaan nasional.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS