9 July 2022

TAMPIL PERDANA DI AJANG AFF U-19, KADEK AREL SUKSES BANTU TIMNAS INDONESIA KALAHKAN FILIPINA

Pemain muda potensial milik Bali United Youth, Kadek Arel Priyatna akhirnya mendapat kesempatan turun sebagai starter bagi Timnas Indonesia U-19. Laga keempat AFF U-19 Boys Championship 2022 antara Indonesia menghadapi Filipina kemarin malam (8/6) menjadi debut Arel di ajang ini.

Pada laga yang dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Arel berkesempatan kembali bertandem dengan mantan rekan setimnya di skuad Serdadu Tridatu Muda, yakni Marcell Januar. Keduanya dibantu oleh Muhammad Ferarri dan Edgard Amping untuk menggalang pertahanan kokoh bagi skuad Garuda Nusantara.

Pemilik nomor punggung tiga ini tidak menyia-nyiakan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong. Meskipun tidak bermain penuh selama 90 menit, tetapi Arel mampu menunjukkan permainan solid di lini belakang. Tidak hanya itu, bek berusia 17 tahun itu juga turut membantu penyerangan.

Dengan memanfaatkan postur tubuhnya yang tinggi, Arel sempat menebar ancaman ke gawang Filipina. Salah satunya terjadi di menit ke-11 melalui skema tandukan. Namun sayang, bolanya masih mampu ditangkap oleh kiper lawan.

Sepanjang 68 menit bermain di lapangan, Arel turut serta membantu Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak 1-5 atas Filipina. Gelontoran gol Garuda Nusantara dicetak oleh Rabbani Tasnim (14’, 40’, dan 50’), Alfriyanto Nico (27’), serta Razzaa (70').

Kemenangan besar ini tentu sangat berharga bagi anak asuh Shin Tae-yong. Sebab, tambahan tiga poin membuat Indonesia berada di peringkat ketiga klasemen sementara grup A dengan delapan poin.

Apalagi absennya Marselino Ferdinan akibat cedera yang dialami memberikan semangat berlipat untuk Kadek Arel dan kawan-kawan di lapangan. 

"Memang Marselino Ferdinan tidak akan bisa main untuk turnamen kali ini karena cedera, jadi saya berusaha mengubah mental pemain agar para pemain mengorbankan diri. Para pemain pastinya berusaha dan tahu juga di tim kita sudah mulai menjadi satu," kata Shin Tae-yong. 

Hasil kemenangan tersebut sekaligus memangkas jarak angka dengan Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengoleksi 10 poin. Peluang lolos skuad Garuda Nusantara ke babak semifinal pun masih sangat terbuka lebar, asalkan mampu mengalahkan Myanmar di laga pamungkas pada Minggu (10/7) besok.

Timnas Indonesia bahkan mampu melaju sebagai juara grup andai laga Thailand menghadapi Vietnam yang akan bertemu di hari yang sama berakhir imbang. Sementara itu, Garuda Nusantara sendiri tampil baik sepanjang empat laga AFF U-19 Boys Championship 2022 dengan mencatatkan 12 gol dan hanya kemasukan satu gol saja.

Semangat terus Arel! Bermainlah dengan rasa bangga demi lambang Garuda di dada!

Sumber foto : PSSI.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS