19 July 2022

THE NEXT GEN BALI: INILAH KISAH PERJALANAN KADEK AGUNG BERHASIL MENEMBUS TIM SENIOR

Tidak banyak orang di dunia ini yang beruntung mendapat kesempatan kedua dalam hidupnya. Hanya ada segelintir orang yang berkesempatan menerima itu.

Pemain Bali United, Kadek Agung Widnyana bisa dikatakan sebagai salah satu orang beruntung tersebut. Sebab, ia tidak menyia-nyiakan kesempatan kedua yang menghampiri dirinya.

Ternyata, jauh sebelum berhasil bermain bersama tim utama Bali United, Kadek Agung pernah hampir gagal menggapai mimpinya tersebut.

Bertepatan dengan dibukanya program seleksi pemain Bali United Youth dengan tajuk "The Next Gen Bali", pemilik nomor punggung 18 itu membagikan kisah inspiratifnya.

Mengawali karier menjadi pesepak bola profesional bersama Bali United Youth U-21 pada tahun 2015 silam, bakat dan kemampuan Kadek Agung sempat mencuri perhatian. Namun, kejadian mengerikan sempat akan merenggut mimpinya tersebut.

Kadek Agung yang merintis mimpi melalui jalur seleksi pemain Bali United Youth U-21, sempat mengalami kejadian nahas. Impiannya menjadi pesepak bola profesional nyaris pupus karena kecelakaan motor pada tahun 2014 silam.

Akibat kejadian tersebut, pesepak bola asal Luwus, Tabanan itu harus mengalami retak pada tempurung kaki kiri sehingga harus beristirahat selama satu tahun.

"Awalnya ada seleksi Bali United Youth di seluruh kabupaten di Bali. Kemudian, saya ikut pada seleksi di Kabupaten Tabanan. Saat itu saya lolos di tahap kabupaten, lalu ketika akan menjalani seleksi terakhir, di tingkat provinsi, saya mengalami musibah kecelakaan jatuh dari motor," jelas Kadek Agung.

Sebagai pemain muda, kejadian tersebut pasti mengguncang diri Kadek Agung. Sebab, menepi selama satu tahun bukanlah waktu yang singkat.

Meskipun berat, tetapi pemain berusia 24 itu tidak ingin menyerah pada keadaan. Namun sebaliknya, Kadek Agung justru memanfaatkan waktu pemulihan tersebut dengan baik untuk melakoni perawatan agar segera sembuh.

Berkat usaha serta doa tanpa henti, gelandang serang itu mampu kembali ke lapangan hijau. Putra Tresna menjadi klub pijakan Kadek Agung untuk melompat lebih tinggi. Siapa sangka, kesempatan kedua datang hadir bagi dirinya.

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia itu berhasil memanfaatkan kesempatan kedua dengan baik.

"Setahun kemudian, Bali United Youth mengadakan pertandingan uji coba melawan Putra Tresna Denpasar. Saya bermain untuk Putra Tresna dan selepas pertandingan itu, saya diminta untuk mengikuti seleksi Bali United U-21 oleh Coach Cecuk (Wayan Arsana) saat itu. Akhirnya, saya terpilih ke tim Bali United U-21," ungkap Kadek Agung.

Kadek Agung benar-benar menunjukkan kemampuan dan usaha terbaiknya selama membela Bali United Youth U-21. Sebab ia sadar betul bahwa perjuangannya untuk sampai di titik ini tidaklah mudah.

Sederet prestasi berhasil Kadek Agung raih bersama Bali United Youth U-21. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menembus tim senior Bali United.

Hanya butuh waktu satu tahun bagi pemain kelahiran tahun 1998 itu untuk naik kelas ke tim utama pada tahun 2018 silam. Pertandingan Bali United menjamu Mitra Kukar pada 15 Oktober 2018 silam menjadi debutnya.

"Saat di tim Bali United U-21 itu ikut mengantar Bali United menjadi runner up. Kemudian dipanggil untuk tim Bali United U-19 dan bersyukur dapat peringkat ketiga. Satu tahun kemudian dapat kesempatan trial di senior dan sampai sekarang masih di tim senior," imbuh Kadek Agung.

Tidak lupa, Kadek Agung turut membagikan tips kepada para pemain muda yang tengah mempersiapkan diri mengikuti seleksi "The Next Gen Bali" pada tanggal 20-22 Juli 2022.

Sebanyak 970 talenta muda yang terbagi dari tiga kelompok usia U-14, U-16, dan U-18 itu akan berjuang menjadi generasi baru Bali United mendatang.

"Tipsnya adalah saat seleksi, bermain lepas saja dan tunjukkan kemampuan. Kalau memang rezeki pasti akan dipilih dan diterima," tutup Kadek Agung.

Seluruh pemain tersebut akan bertarung di lapangan Training Center milik Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar. Program seleksi ini sendiri akan dipantau langsung oleh trio pelatih Bali United Youth U-18 yang menjuarai Elite Pro Academy (EPA) 2021, yakni Coach Pasek Wijaya, Coach Sandhika Pratama, dan Coach Dede.

 

 

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS