29 November 2022

TIMNAS INDONESIA TC DI BALI, AKANKAH DUEL BALI UNITED VS SKUAD GARUDA KEMBALI TERSAJI?

Timnas Indonesia senior tengah menjalani agenda pemusatan latihan (TC) di Bali mulai hari Senin (28/11) kemarin.

Skuad Garuda direncanakan akan terus menggenjot latihan intensif menjelang agenda Piala AFF 2022 di Pulau Dewata hingga 17 Desember mendatang.

Di bawah arahan pelatih kepala Shin Tae-yong, para pemain Timnas Indonesia yang dipanggil pun melahap seluruh menu latihan di beberapa lokasi antara lain Lapangan Training Center Bali United di Pantai Purnama dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Tentu saja, untuk semakin memantapkan persiapan tim dalam rangkaian TC ini, Nadeo Arga Winata cs tidak hanya akan melakoni latihan rutin saja.

Perlu adanya laga uji coba sebagai salah satu indikator untuk mengukur sejauh mana kemampuan para penggawa Garuda baik secara individu maupun sebagai tim.

Hal tersebut pun dilakukan oleh sang junior, yakni Timnas Indonesia U-20 yang melakoni sejumlah laga uji coba selama melakukan TC di Eropa beberapa waktu yang lalu.

Beberapa tim level Eropa macam Timnas Turki U-20, Antalyaspor U-20, Prancis U-20, Slovakia U-20, hingga Malaga U-19 telah dijajal oleh skuad Garuda Nusantara.

Maka dari itu, hal serupa tentu diperlukan oleh Timnas Indonesia pada rangkaian TC di Bali ini jika akan mengagendakan adanya laga uji coba.

Karena melakukan pemusatan latihan di Pulau Dewata, tentu lawan sepadan yang bisa dijajal adalah Bali United.

Dengan skuad bertabur bintang ditambah lagi diperkuat sejumlah pemain berlabel timnas macam Ilija Spasojevic, Ricky Fajrin, Muhammad Ridho, Yabes Roni, Komang Tri Arta, dan Lerby Eliandry, laga uji coba antara Serdadu Tridatu melawan Garuda sangat menarik.

Apalagi, baik Timnas Indonesia maupun Bali United sama-sama belum pernah menjajal lapangan hijau untuk bertanding.

Sebagaimana diketahui, semenjak dihentikannya BRI Liga 1 2022/2023 imbas Tragedi Kanjuruhan sejak awal Oktober lalu, skuad Stefano Cugurra ini hanya fokus melakukan latihan rutin saja.

Sementara itu tim racikan Shin Tae-yong ini sendiri baru terbentuk menjelang dimulainya agenda TC menyambut Piala AFF 2022.

Melihat kondisi tersebut, maka jika laga uji coba antarkedua tim ini terwujud, tentu akan sangat menguntungkan satu sama lainnya.

Coach Shin Tae-yong pun memberikan pernyataan mengenai kemungkinan agenda uji coba menghadapi Bali United.

"Belum bisa diumumkan saat ini. Saya sendiri menginginkan adanya uji coba. Namun, karena adanya Tragedi Kanjuruhan, situasi jadi cukup menyulitkan untuk kita semua. Nanti diumumkan kembali," ujar Coach Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Bali United sendiri sempat bertanding menghadapi Timnas Indonesia dalam laga uji coba pada tahun 2021 lalu.

Tepat pada tanggal 7 Maret 2021, kedua tim bersua di Stadion Madya, Senayan, Jakarta untuk menjajal kekuatan satu sama lain.

Pada saat itu Serdadu Tridatu harus mengakui keunggulan skuad Garuda dengan skor 1-3.

Adalah Kushedya Hari Yudo, Koko Ari Araya, dan Osvaldo Haay yang membuat anak asuh Shin Tae-yong mengamankan kemenangan.

Sementara itu pasukan Stefano Cugurra memperkecil ketinggalan berkat gol Lerby Eliandry.

Menarik dinantikan akankah laga uji coba Timnas Indonesia menghadapi Bali United segera terwujud.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS