15 September 2021

BALI UNITED LAKSANAKAN VERIFIKASI FAKTUAL AFC CLUB LICENSING 2021 DI JAKARTA

Tim Bali United sedang persiapan menjalani pekan ketiga kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 menghadapi Persib Bandung hari Sabtu (18/9) mendatang. Kala persiapan tersebut, manajemen Bali United juga telah melakukan verifikasi faktual AFC Club Licensing 2021 hari Selasa (14/9) kemarin yang diwadahi oleh PSSI, selaku federasi tertinggi sepak bola di Indonesia. Agenda tahunan yang biasanya dilakukan manajemen di Bali, pada tahun ini dilaksanakan di Kantor Bali United, di Jakarta.

AFC Club Licensing 2021 merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional versi AFC. Terdapat lima kriteria penilaian yang menjadi acuan dalam menentukan apakah tim-tim yang mengajukan tersebut layak atas status profesional. Kelima aspek tersebut mencakup kriteria olahraga, infrastruktur, personil dan administrasi, legal, dan finansial. Selain menyandang status klub profesional, AFC Club Licensing juga berfungsi sebagai syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC, seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Tujuan dari AFC Club Licensing ini adalah untuk menjaga kredibilitas dan integritas kompetisi kontinental dan kompetisi klub nasional. Selain itu, menyediakan tolak ukur pengembangan pemohon lisensi dalam kriteria olahraga, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, dan finansial. Ada 50 poin penting dalam AFC Club Licensing yang harus dipenuhi oleh klub yang melakukan verifikasi, keseluruhan poin tersebut harus digenapi demi tahapan lolos sebagai salah satu tim profesional dari Indonesia. Perwakilan Manajemen Bali United, Richie Kurniawan pun berharap proses yang telah terlaksana dapat membuahkan hasil yang baik demi menjaga kestabilan tim asal pulau dewata ini.

“Mewakili manajemen Bali United, saya sampaikan bahwa ini merupakan agenda tahunan yang secara administrasi dan transparan harus selalu dilaksanakan sebagai penunjang pengakuan tim profesional standar dari AFC. Semoga hasil verifikasi faktual hari ini (kemarin) membuahkan hasil terbaik sehingga tim Bali United lolos tahapan administrasi dan bisa mewakili Indonesia berprestasi di kancah Asia pada kesempatan mendatang,” ungkap Richie Kurniawan.

AFC mulai dari tahun 2021 juga mengharuskan setiap federasi untuk menjalankan National Club Licensing. NCL ini ke depannya akan menjadi syarat bagi setiap klub untuk mengikuti kompetisi profesional di Indonesia, termasuk yang diterapkan oleh PSSI. Hasil dari verifikasi faktual tim Bali United ini akan membuahkan kabar baik pada bulan Oktober mendatang sebagai salah satu tim profesional di Indonesia sesuai standar yang ditetapkan oleh AFC.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS