19 July 2022

BERPENGALAMAN DI SEPAK BOLA INDONESIA, LEONARD TUPAMAHU JALANI LISENSI KEPELATIHAN B AFC 

Leonard Tupamahu menjadi salah satu sosok pemain senior di kancah sepak bola Indonesia. Pemain yang akrab disapa Leo itu telah menghabiskan total 20 tahun berkarier sebagai pesepak bola profesional.

Di usianya yang telah menginjak 39 tahun, bek tengah ini masih aktif bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Selama tiga musim terakhir sejak tahun 2019 lalu, Leo bahkan menjadi sosok sentral di lini belakang Bali United.

Tidak main-main, pemilik nomor punggung 32 itu bahkan sukses mengantar Serdadu Tridatu mengukir sejarah meraih gelar juara Liga 1 tahun 2019 dan 2021. Tentu saja apa yang berhasil ditorehkan Leo tersebut adalah hal yang sulit dilakukan oleh pemain lain seusianya.

Jika kebanyakan rekan seangkatannya yang telah memilih pensiun, Leo justru masih aktif mengawal lini belakang tim juara, Bali United. Namun, pemain kelahiran Jakarta itu sadar betul bahwa semua hal ada masanya.

Termasuk menjadi pesepak bola profesional, sebab tidak selamanya Leo akan terus bermain di level tertinggi. Maka dari itu, mantan pemain Persija itu telah mempersiapkan langkah sebelum gantung sepatu di masa mendatang.

Bek berpostur 179 cm tersebut berencana kelak akan menjadi seorang pelatih sepak bola. Kini, Leo bahkan telah mengambil kursus lisensi B AFC. Ia pun membeberkan sudah sejauh mana progresnya.

“Saya sudah menjalani kursus lisensi sampai di modul dua atau modul yang terakhir,” ungkap Leo.

Banyak pengalaman berharga yang Leo dapatkan selama menuntut ilmu kepelatihan di Sleman. Sederet pengetahuan penting untuk menjadi pelatih profesional diserapnya, mulai dari kemampuan meracik strategi hingga menganalisis pertandingan.

“Pengalaman dari materi sebagai coach ialah kami diajar untuk lebih detail lagi dalam melatih defense dan attack. Kemudian kami juga belajar dalam menganalisa sebuah pertandingan,” jelas Leo.

Leo pun mengungkapkan mimpi terbesar yang selalu menyemangatinya menjalani seluruh program lisensi kepelatihannya ini. Harapannya terbilang sangat mulia.

“Ya, mimpi dan target saya setelah gantung sepatu ialah menjadi pelatih yang baik untuk talenta-talenta muda sepak bola di Indonesia nantinya. Kalau bisa dan punya impian melatih Timnas Indonesia,” harap Leo.

Pemain kelahiran tahun 1983 itu sendiri turut menyusul beberapa anggota tim Bali United lainnya yang juga turut mengambil kursus lisensi AFC lainnya. Nama-nama seperti pelatih Bali United Youth U-18, I Made Pasek Wijaya dan asisten pelatih Bali United, Antonio Claudio yang melakoni kursus A AFC.

Sementara itu, pelatih Bali United, Stefano Cugurra juga telah menyelesaikan kursus A Pro-nya di Brasil.

Selamat dan semangat terus Bang Leo!

Sumber Foto: Dokumen Leonard Tupamahu.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS