27 August 2022

BUKAN HANYA PSG, BALI UNITED JUGA MEMILIKI DUET PENJAGA GAWANG BERKUALITAS

Penjaga gawang adalah salah satu lini yang sangat krusial keberadaannya dalam sebuah tim sepak bola. Sebab, penjaga gawang ini adalah palang pintu terakhir menjaga gawang yang menjadi target dari lawan untuk memasukan bola sebagai tanda meraih angka.

Penjaga gawang yang hebat juga didukung oleh komposisi pemain belakang, tengah hingga pemain depan yang memiliki filosofi menyerang dan bertahan yang baik. Oleh karena itu, sebuah tim sudah sangat patut untuk mempersiapkan penjaga gawang hebat pada komposisi sebagai utama maupun yang bersiap dari bangku cadangan.

Salah satunya adalah Paris Saint-Germain (PSG) yang memiliki duet penjaga gawang dengan komposisi terbaik. Mereka adalah Gianluigi Donnarumma dan Keylor Navas. Kedua penjaga gawang ini dengan mudah menampilkan permainan terbaik mereka di bawah mistar gawang ketika diberikan kepercayaan oleh sang pelatih.

Gianluigi Donnarumma di usianya yang baru 23 tahun sudah membela Timnas senior Italia. Pada musim panas 2021, PSG berhasil mendatangkan Donnarumma dari AC Milan secara gratis. Ia berhasil tampil pada musim itu dengan 17 penampilan di bawah mistar gawang. Dari 17 laga yang dijalani tersebut, ia berhasil mencatatkan 5 nirbobol dengan total gol yang bersarang sebesar 17 gol ke gawangnya. Pada musim 2022/2023 ini, ia masih menjadi pilihan utama menjaga gawang PSG hingga pekan ketiga.

Kemudian penjaga senior, Keylor Navas juga merupakan kiper Timnas Kosta Rika yang merupakan sejawat dari Donnarumma di skuad Les Parisiens. Pada musim 2021/2022, Navas mencatatkan 21 penampilan dengan 9 kali nirbobol dan hanya kemasukan 18 bola.

Kedua pemain ini berhasil membawa PSG juara Ligue 1 kasta tertinggi di Prancis dengan raihan 86 poin dari 26 kemenangan, 8 imbang dan 4 kekalahan.

Pada Liga 1 di Indonesia, komposisi penjaga gawang yang memiliki kualitas setara juga ada. Salah satunya adalah Bali United. Tim yang menjadi juara Liga 1 dua musim beruntun juga berkat duet penjaga gawang yang mumpuni. Pada musim 2019, Wawan Hendrawan dan Samuel Reimas menjadi dua pemain yang diturunkan oleh Coach Teco hingga trofi pertama hadir untuk pulau dewata.

Kemudian pasca kembalinya Liga 1 usai pandemi di musim 2021/2022, Wawan Hendrawan dan Nadeo Arga Winata menjadi rekan sejawat di sektor penjaga gawang yang memiliki menit bermain yang bergantian. Bahkan penjaga gawang muda lainnya, Rakasurya Handika juga peroleh menit bermain di musim tersebut.

Usai kepergiannya Wawan Hendrawan, Bali United langsung dengan cepat menutupi lubang penjaga gawang dengan menghadirkan kiper senior berkualitas. Dia adalah Muhamad Ridho dari Madura  United. Duet Nadeo Arga Winata dan M. Ridho tersaji pada musim ini. Nadeo dan Ridho juga adalah bagian dari pemain Timnas Indonesia dalam beragam ajang kompetisi internasional.

Puncaknya dapat dilihat saat laga Liga 1 pekan ke-6 kontra Persib Bandung. Nadeo yang menerima kartu kuning kedua penghujung babak pertama langsung digantikan oleh M.Ridho dari bangku cadangan. Ridho yang mendapat kepercayaan membayar lunas dengan penampilan apiknya menjaga gawang Serdadu Tridatu dari serangan Maung Bandung.

Meskipun kalah jumlah, Ridho berhasil mematahkan serangan Marc Klok dan kolega. Salah satunya adalah mematahkan penalti David da Silva yang mengejar ketertinggalan angka. Bali United berhasil memenangkan laga di markas Persib dengan skor 2-3 untuk kemenangan Serdadu Tridatu.

“Semua penjaga gawang milik Bali United berkembang setiap hari. Saya selalu memberikan pelatihan dasar teknik dengan mereka. Ketika ada kesalahan dalam latihan, saya hentikan latihan dan memperbaiki kesalahan tersebut. Saat pertandingan, mereka juga bekerja sangat baik,” jelas pelatih kiper Bali United, Marcelo Pires.

Pada laga pekan ketujuh ini, Ridho dipastikan akan mengawal gawang Serdadu Tridatu usai absennya Nadeo di laga ini. Menarik dinantikan aksi Ridho dalam menghalau serangan skuad Macan Putih yang berlangsung sore ini di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS