14 July 2022

CATAT BAIK-BAIK! TIM PELATIH BALI UNITED YOUTH UNGKAPKAN KRITERIA PENILAIAN PEMAIN DALAM SELEKSI “THE NEXT GEN BALI”

Saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh calon peserta seleksi Bali United Youth akhirnya tiba. Melalui unggahan dalam akun Instagram resmi Bali United malam ini (14/7), rasa penasaran para pemain muda akan kriteria penilaian seleksi terjawab sudah.

Dalam video berdurasi kurang dari tiga menit tersebut, para tim pelatih membeberkan secara lengkap kriteria seleksi program “The Next Gen Bali”. Coach Pasek, Coach Dede, dan Coach Sandhika menjelaskan dengan rinci tahap penilaian mulai dari awal pendaftaran hingga di atas lapangan hijau.

Adapun tahap pertama yang harus diperhatikan adalah kategori usia. Terdapat tiga jenjang umur yang berhak mengikuti seleksi, yakni mulai dari kelompok U-14, U-16, dan U-18.

“Pertama, kami akan menyeleksi pemain usia 14 tahun yakni kelahiran tahun 2009. Kemudian pemain usia 16 tahun kelahiran 2007 atau 2008. Terakhir, pemain usia 18 tahun kelahiran tahun 2005 dan 2006,” ujar Coach Dede.

Selanjutnya, ada pula tahapan yang tidak kalah pentingnya, yakni proses seleksi administratif. Pada langkah ini, Coach Sandhika mengungkapkan ada tiga poin kunci yang akan menjadi perhatian utama dari tim pelatih.

Coach Sandhika turut pula membeberkan bahwa dalam tiga hari seleksi, hanya akan ada 100 peserta saja yang akan dinyatakan lolos dari total 1000 pendaftar. Tentu saja para talenta muda ini harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Proses seleksi berdasarkan formulir registrasi, yang pertama adalah prestasi, posisi pemain sesuai kebutuhan klub, dan ketiga postur. Berdasarkan tiga kriteria tersebut, di hari pertama kami akan menjaring 1000 peserta. Kemudian pada hari kedua menjadi 500 peserta dan terakhir 100 peserta,” ungkap Coach Sandhika.

Lebih lanjut, Coach Pasek turut menjelaskan dua poin krusial yang harus ada dalam diri setiap peserta seleksi “The Next Gen Bali” jika ingin lolos menjadi generasi unggulan Bali United yang baru. Pelatih terbaik pada Elite Pro Academy (EPA) U-18 2021 itu menjadikan empat kemampuan dasar bermain bola serta tri momen sepak bola sebagai patokannya.

“Tentunya kami mencari pemain berdasarkan dua poin, pertama adalah empat kemampuan dasar dan tri momen sepak bola. Empat kemampuan dasar yang kami lihat adalah teknik, taktikal, fisik, dan mental. Teknik berkaitan dengan kemampuan shooting, kontrol bola, akurasi passing, dan heading. Sedangkan untuk taktikal, akan ada gim 9 melawan 9 pemain dan 11 melawan 11, dari sana kami akan melihat cara bermain bolanya, bagaimana menyerang dan bertahan. Fisik juga diperlukan saat bermain bola. Terakhir, mental, sangat penting di usia muda kami memberi pemahaman bahwa setiap pemain muda harus punya respek terhadap wasit dan lawan,” jelas Coach Pasek.

“Sedangkan tri momen dalam sepak bola, pemain harus mengerti bagaimana menyerang, bertahan, dan transisi positif serta negatif. Itulah yang harus kalian tunjukkan dalam permainan,” imbuhnya.

Tidak ketinggalan, ketiga pelatih juara ini memberi semangat serta motivasi kepada seluruh pesepak bola berbakat dari penjuru Indonesia yang akan mengikuti program “The Next Gen Bali” ini. Mereka tampak kompak mendoakan yang terbaik bagi calon-calon bintang Bali United.

Bagi para calon peserta seleksi “The Next Gen Bali” dapat terus mengikuti update terbaru melalui akun Instagram resmi Bali United, Bali United Apps, ataupun laman BaliUtd.com.

Semangat mempersiapkan yang terbaik boys!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS