26 November 2022

DI BALIK CERITA SUKSES PARA PENGGAWA BALI UNITED, TERNYATA ADA JASA BESAR SOSOK GURU, SIAPA SAJA MEREKA?

Menjadi sukses dan berada di puncak karier adalah impian semua orang di muka bumi ini.

Tanpa terkecuali, setiap manusia pasti akan melakukan usaha ekstra keras demi mencapai segala target ataupun pencapaiannya masing-masing.

Maka dari itu, sedari kecil setiap individu sudah diajarkan berbagai macam hal yang sekiranya berguna demi menghadapi persaingan untuk meraih kesuksesan.

Namun, ketika sudah mencapai kesuksesan dan melampaui target-target tersebut, manusia kerap kali lupa dengan sosok-sosok penting yang dahulu menjadi bagian dari perjalanannya.

Ibarat pepatah terkenal, “kacang lupa kulitnya”, kesuksesan kerap membuat orang terlena sehingga merasa tinggi hati.

Sehingga membuat manusia lupa dengan sekitarnya. Padahal, sejatinya setiap individu adalah makhluk sosial, sehingga tidak bisa mencapai segala sesuatunya sendirian.

Hal tersebut tidak terjadi pada para penggawa Bali United. Di balik kesuksesan yang telah dirasakan di atas lapangan hijau, pasukan Serdadu Tridatu tidak melupakan “kulitnya”.

Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional pada Jumat (25/11/2022) kemarin, para pemain Bali United mengungkapkan peran penting sekaligus rasa terima kasih kepada sosok hebat dalam karier masing-masing.

Dimulai dari Jajang Mulyana yang mengingat jasa besar dua orang pelatihnya di awal merintis karier. Mereka adalah Coach Bambang Nurdiansyah dan Coach M. Abduh.

Coach Bambang Nurdiansyah adalah legenda lapangan hijau yang merupakan seorang pelatih dan mantan pemain Timnas Indonesia.

Peraih medali emas SEA Games 1991 ini sempat menjadi pelatih di beberapa tim besar Indonesia, seperti Persija Jakarta, PSIS Semarang, RANS Nusantara FC (dulu RANS Cilegon FC) dan pada musim ini, bersama tim Liga 2, Persipal Palu.

Sedangkan Coach M. Abduh merupakan sosok penting yang membawa Jajang pergi ke Cianjur untuk lebih serius mendalami sepak bola.

Siapa yang menyangka bahwa dari sanalah bek tengah tersebut mampu bermain di liga profesional bersama Pelita Jaya sebagai klub senior pertamanya.

Senada dengan rekannya tersebut, Nadeo Arga Winata juga menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada pelatih sekolah sepak bolanya (SSB) dahulu.

Kiper andalan Bali United tersebut sendiri pernah menimba ilmu di SSB Macan Putih Kota Kediri.

Dari sanalah bakat besarnya dalam mengawal gawang terasah hingga sekarang mampu tampil impresif bersama Serdadu Tridatu dan Timnas Indonesia.

Bahkan, kiper berpostur 187 cm tersebut kerap menerima panggilan membela skuad Garuda dalam beberapa laga internasional bergengsi.

“Yang paling berkesan adalah pelatih kiper saya saat di SSB. Karena, cukup banyak jasanya sehingga saya bisa sampai sekarang. Saya sangat berterima kasih dan Anda sangat berjasa,” ujar Nadeo.

Lebih lanjut, pemain lain macam Leonard Tupamahu dan Gunawan Dwi Cahyo juga menjadikan pelatih sepak bola usia muda mereka sebagai sosok yang berjasa.

Seperti Gunawan yang masih mengingat betul jasa Coach Edy Paryono yang mengasah kemampuannya sejak belia hingga kini malang melintang memperkuat klub top Indonesia.

Coach Edy Paryono sendiri merupakan pelatih legendaris PSIS Semarang yang sukses membawa trofi juara bagi klub berjuluk Mahesa Jenar tersebut pada musim 1998-1999 silam.

Ia terkenal memiliki tangan dingin untuk menyusun taktik dan strategi dengan memaksimalkan pemain dari berbagai sektor.

Mulai dari kiper sampai striker sukses disulapnya menjadi impresif.

Berkat kemampuan Coach Edy Paryono-lah Gunawan mampu tampil apik mengawal jantung pertahanan tim maupun Timnas Indonesia.

“Pelatih berjasa adalah Edy Paryono. Dia yang pertama kali membawa saya ke liga profesional dan berkembang dari PSIS. Kemudian saya diajak ke Kediri, berkembang, dan bisa masuk ke timnas,” imbuh Gunawan.

Sebagai bentuk penghormatan sebagai apresiasi terhadap sosok-sosok berjasa tersebut, para penggawa Bali United tentu terus berjuang berlatih dan bermain maksimal pada setiap kesempatan.

Terima kasih atas jasa-jasanya pada Pelatih hebat yang menjadi guru untuk pemain Bali United!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS