30 November 2022

DIPANGGIL IKUTI TC TIMNAS INDONESIA, MAMPUKAH ILIJA SPASOJEVIC ATASI MASALAH LINI DEPAN SKUAD GARUDA?

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil” barangkali menjadi kata yang sesuai untuk menggambarkan sosok Ilija Spasojevic.

Hal tersebut karena penyerang Bali United itu pada Rabu (30/11) akhirnya secara resmi dipanggil mengikuti program pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2023 mendatang.

Pemain berjuluk Spasogol tersebut dipanggil oleh pelatih kepala skuad Garuda, Shin Tae-yong untuk berlatih intensif bersama kompatriotnya mulai 30 November hingga 21 Desember mendatang di Bali dan Jakarta.

Pemanggilan top skorer BRI Liga 1 2021/2022 dengan 23 gol tersebut tentu diharapkan mampu menjadi jawaban atas problem di sektor ujung tombak Timnas Indonesia.

Masalah di posisi striker memang sudah sejak lama dikeluhkan oleh Shin Tae-yong bahkan mulai dari Piala AFF 2020 lalu di Singapura.

Meskipun pada saat itu skuad Garuda sukses tampil produktif dengan torehan 20 gol sepanjang turnamen, tetapi jumlah tersebut ditorehkan bukan dari striker.

Berdasarkan berbagai sumber, torehan gol Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 disumbangkan oleh Irfan Jaya dengan 3 gol.

Sementara itu Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Ezra Walian, Evan Dimas, dan Witan Sulaeman masing-masing menyumbangkan 2 gol.

Para pemain tersebut notabene berposisi di sektor sayap dan bek.

Maka dari itu, selama beberapa waktu belakangan, Shin Tae-yong memutar otak mencari sosok striker tajam yang tepat untuk Timnas Indonesia.

“Masalah di Liga 1 saat ini memang ada banyak sekali striker dan stopper asing. Jadi, pemain lokal tidak bisa mendapatkan tempat. Karena hal ini, maka sangat sulit untuk membuat pemain yang berkualitas, khususnya di posisi striker. Ini sangat disayangkan,” keluh Shin Tae-yong (31/5).

Lebih lanjut, Spasojevic sendiri terakhir kali membela Timnas Indonesia pada 25 Maret 2019 menghadapi Myanmar dalam laga uji coba internasional.

Pada saat itu, striker berpostur 187 cm tersebut mencetak satu gol untuk menggenapkan kemenangan skuad Garuda 2-0 atas Myanmar.

Sebelum Shin Tae-yong memanggil Spasojevic, beberapa nama striker pun pernah menghiasi skuad Garuda antara lain Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, Ramadan Sananta, dan Muhammad Rafli.

Semoga dengan produktivitasnya yang mulai meningkat di BRI Liga 1 2022/2023 dengan mengemas 7 gol dan 1 assist dari 11 laga, Spasogol mampu menjadi jawaban atas masalah striker di Timnas Indonesia.

Berikan yang terbaik Brate!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS