18 November 2022

DUEL PERAIH TIGA TROFI TERSAJI JIKA BALI UNITED BERTOLAK KE GEORGIA MENERIMA UNDANGAN FC LOCOMOTIVE TBILISI

Beberapa tim Liga 1 di kompetisi domestik Indonesia sedang ramai akibat undangan yang diberikan oleh klub asal Georgia, FC Locomotive Tbilisi.

Arema FC, PSIS Semarang dan Persis Solo menjadi tim yang belum memberikan jawabannya, termasuk jawara Liga 1 dua musim beruntun, Bali United.

Alasannya sama yaitu menunggu kabar kelanjutan Liga 1 musim ini yang masih dihentikan akibat Tragedi Kanjuruhan awal bulan Oktober lalu.

Undangan itu sendiri adalah  untuk melakoni laga persahabatan pada hari Rabu (30/11) mendatang di Mikheil Meskhi Stadium II, Georgia.

Bali United melalui pelatih kepala, Stefano Cugurra masih memerlukan waktu untuk berkomunikasi dengan manajemen terkait undangan laga persahabatan internasional tersebut.

Apalagi baru-baru ini, Persis Solo juga mampu mewarnai kompetisi Indonesia dengan bertolak ke Malaysia untuk menghadiri undangan uji coba dari Johor Darul Ta’zim Football Club (JDTFC).

Tentunya ada motivasi yang lebih untuk Serdadu Tridatu mengikuti jejak positif dalam mengisi kekosongan Liga 1.

Jika ternyata Bali United menyanggupi undangan dari tim ibukota Tbilisi tersebut, maka laga persahabatan internasional ini akan menghadirkan fakta menarik.

Fakta tersebut adalah kedua tim akan bertemu sebagai tim yang sarat akan prestasi di kompetisi domestik.

FC Locomotive Tbilisi adalah salah satu kontestan Liga Georgia.

Prestasi terbaik mereka ialah meraih Georgia Cup pada tiga musim berbeda yaitu tahun 2000, 2002 dan 2005.

Kemudian sempat juga meraih posisi runner up pada musim 2000/2001 dan 2001/2002 Liga Umaglesi.

Beberapa pemain terkenal mereka adalah Levan Kenia, Levan Tskitishvili, Zurab Khizanishvili, Giorgi Arabidze, Giorgi Aburjania, Valeri Abramidze, Juan Diego Gonzalez-Vigil dan Endika Bordas.

Begitu juga dengan Bali United. Tim muda ini menjelma sebagai salah satu klub di Indonesia yang mengalami perkembangan dengan prestasi yang signifikan.

Pada era Liga 1, Bali United sudah menempati posisi kedua musim 2017 sebelum akhirnya meraih mahkota Liga 1 2019 dan musim 2021/2022.

Pemain mereka sejauh ini ada nama seperti Willian Pacheco, Ilija Spasojevic, Eber Bessa, Brwa Nouri, Nadeo Arga Winata, Irfan Jaya, dan masih banyak lagi yang juga membela skuad Timnas Indonesia.

Spesialnya lagi, sang nahkoda, Stefano Cugurra adalah kolektor tiga trofi Liga 1 di Indonesia yaitu bersama Persija Jakarta pada musim 2018 sebelum sukses bersama Bali United.

Coach Teco pun memberikan penilaian terhadap peta kekuatan dari klub Georgia yang menjadi anggota tetap Erovnuli Liga ini.

Pelatih asal Brasil ini mengetahui tipikal pemain dari Liga Georgia, meski secara kompetisi di negara dengan ibu kota Tbilisi tersebut tidak intens diikuti oleh pelatih berkualitas ini.

“Saya sudah pernah kerja sama dengan pemain orang Georgia. Tapi belum pernah lihat pertandingan dari liga mereka,” jelas Coach Teco.

Locomotive Tbilisi sat ini berpeluang lolos ke UEFA Conference League 2023, sementara Bali United masih menanti kelanjutan pekan ke-12 Liga 1 musim 2022/2023.

Menarik dinantikan duel dua klub berprestasi di masing-masing kompetisi domestik mereka.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS