18 October 2022

INGATKAN PROSES ADAPTASI, TECO SAMPAIKAN SEMUA PEMAIN MEMILIKI PELUANG YANG SAMA

Bali United melakoni musim 2022/2023 dengan skuad yang relatif lengkap. Seluruh posisi bermain di atas lapangan dihuni oleh pemain yang mumpuni.

Mulai dari sektor penjaga gawang hingga posisi ujung tombak diisi oleh minimal dua hingga tiga amunisi. Hal tersebutlah yang membuat Bali United lebih siap mengarungi musim 2022/2023.

Meskipun sempat terseok pada dua agenda pembuka musim yakni Piala Presiden dan AFC Cup, tetapi perlahan Serdadu Tridatu mulai stabil di kompetisi BRI Liga 1.

Berkat skuad yang dimiliki, tim kolektor gelar liga Indonesia ini menduduki peringkat lima klasemen sementara BRI Liga 1. Dari total 11 laga yang dijalani awal musim, Bali United mengantongi 21 poin hasil 7 kemenangan dan 4 kekalahan.

Hasil tersebut pun terbilang positif dibandingkan musim lalu yang mana Bali United hanya mengantongi 19 poin hasil dari lima kemenangan, empat imbang, dan dua kekalahan.

Tentu, progres positif pada awal musim ini tidak serta merta dapat langsung dicapai. Ada perjuangan dan kejelian khususnya dalam menentukan skema serta susunan pemain yang tepat setiap pekannya.

Jika melihat daftar skuad yang dimiliki musim ini, Serdadu Tridatu mengalami cukup banyak perubahan dengan masuknya enam pemain anyar pada bursa transfer. Tidak hanya itu, armada racikan Stefano Cugurra juga mendapat tambahan kekuatan sekaligus penyegaran dengan bergabungya amunisi muda.

Hal tersebut tidak lepas dari bergabungnya dua pemain promosi dari Bali United Youth, I Made Tito Wiratama dan Komang Aryantara. Keduanya mendapat kesempatan emas naik ke tim senior dan bergabung dengan pemain berpengalaman lainnya.

Kedatangan Tito dan Komang pun semakin memberikan aura muda pada skuad Bali United yang sebelumnya sudah dihuni oleh Gede Agus Mahendra, Kadek Dimas, Komang Tri Arta, dan Rakasurya Handika.

Beberapa dari antara mereka pun musim ini mulai mendapat kesempatan bermain dan berkompetisi di level tertinggi. Seperti Rakasurya dan Made Tito yang dipercaya mengisi skuad pada laga Piala Presiden lalu melawan Persebaya.

Kemudian Komang Tri dan Gede Agus yang sudah merasakan bertarung di BRI Liga 1 2022/2023 masing-masing satu dan dua kali.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra pun senang dengan kehadiran para pemain muda tersebut. Pasalnya, dengan semangat tinggi, mereka terus menunjukkan progres positif.

Pria asal Brasil itu pun mengingatkan agar seluruh pemainnya tidak cepat puas dan terus mengasah kemampuan di dunia sepak bola profesional ini. Sebab hal tersebutlah yang memperbesar kans mereka untuk mendapat jam terbang lebih.

“Kami tidak terlalu melihat umur dari pemain, baik muda ataupun senior. Semua pemain sama-sama bekerja keras di latihan. Kami melihat semua pemain adalah profesional di dalam tim. Kami melihat di dalam latihan ketika pemain lebih siap di latihan, pasti dia mempunyai kesempatan untuk bermain. Mengenai pemain datang dari tim U-20, ini adalah proses dari tim. Saya pikir ketika mereka datang, mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan tim profesional. Beradaptasi dengan latihan dan taktikal dari tim,” ungkap Coach Teco.

Lebih lanjut, setelah menghabiskan banyak waktu berlatih serta berlaga bersama, Coach Teco melihat sejumlah pemain sudah mulai menunjukkan proses adaptasi yang baik. Bahkan, sudah mendapat kesempatan bermain di atas lapangan hijau.

Namun, sekali lagi, pelatih kolektor tiga gelar juara liga Indonesia itu mengingatkan agar terus bekerja keras dalam setiap kesempatan. beberapa pemain muda dalam timnya juga dalam musim ini sudah mendapatkan kesempatan. Seperti Rakasurya, Made Tito, Komang Tri hingga Agus Mahendra. 

“Kami melihat semua aspek. Ada beberapa pemain yang memiliki adaptasi yang bagus di dalam tim dan sekarang sudah mendapat kesempatan bermain. Menurut saya juga, ketika bermain, mereka bermain bagus dan tim bisa meraih hasil bagus juga. Saya pikir mereka siap membantu tim,” tutup Coach Teco.

Dengan status masih ditundanya BRI Liga 1 2022/2023, waktu ini dapat dimanfaatkan untuk terus menambah porsi latihan mandiri serta istirahat yang cukup dari padatnya agenda kompetisi sebelumnya. Di tengah ketidakpastian, sangat penting untuk berkomitmen berlatih dan menjaga kondisi fisik agar selalu fit.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS