15 June 2022

IRFAN JAYA & NADEO BAWA TIMNAS INDONESIA LOLOS PIALA ASIA 2023 USAI BANTAI NEPAL 7 GOL TANPA BALAS

Timnas Indonesia berhasil mengakhiri perjuangan di babak Kualifikasi Grup A Piala Asia 2023 dengan manis.

Skuad Garuda sukses meraih kemenangan telak 7-0 atas Nepal dalam laga pamungkas fase grup hari Rabu (15/6) dini hari tadi.

Gelontoran gol timnas dibuka oleh Dimas Drajad, kemudian disusul oleh Witan Sulaeman yang mencetak brace, Fachrudin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggot, dan ditutup oleh bintang muda Persebaya, Marselino Ferdinan.

Skuad Garuda tampil begitu dominan dari sisi penyerangan. Sebanyak 32 tembakan dilepaskan oleh Nadeo dan kolega, di mana 20 di antaranya tepat sasaran.

Meski secara penguasaan bola timnas masih kalah dengan persentase 47% berbanding 53% milik The Gorkhalis –julukan timnas Nepal, tetapi skuad Garuda bermain sangat apik.

Ada yang menarik di laga ini, jika sebelumnya kiper Bali United, Nadeo Arga Winata selalu menunjukkan aksi heroik di bawah mistar, tetapi pada pertandingan ini, ia nampak sedikit lebih bersantai. Hanya ada satu tembakan ke gawang kiper asal Kediri, Jawa Timur dan mampu diamankan Nadeo.

Indonesia minim menerima serangan berbahaya dari Nepal. Namun sebaliknya, skuad Garuda justru yang lebih sering menggempur pertahanan sang lawan.

Penyerang sayap Bali United, Irfan Jaya juga masuk pada menit ke-75 dan beberapa kali terlihat menusuk pertahanan lawan. Hanya saja ia belum memberikan gol untuk Timnas Indonesia. Namun penampilannya di babak kualifikasi Piala Asia juga menjadi aktor yang membantu skuad Garuda melangkah hingga sejauh ini.

Hasil kemenangan berharga ini memastikan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 mendatang. Pesan menyentuh pun diberikan pelatih asal Korea Selatan tersebut kepada anak asuhnya.

"Dari awal saya sangat yakin Indonesia bisa lolos kualifikasi Piala Asia setelah terakhir lolos 2007 sebagai tuan rumah. Dalam kualifikasi ini kami mampu tumbuh dan berkembang dan kami siap tampil lebih kuat di turnamen yang akan datang," ucap Shin Tae Yong dalam sesi Post Match Press Conference.

Tambahan tiga poin membuat skuad Garuda bercokol di peringkat dua klasemen akhir Grup A dengan koleksi enam poin.

Anak asuh Shin Tae-yong ini pun berhak mendampingi Yordania sebagai wakil dari Grup A untuk melenggang ke Piala Asia 2023 lewat status sebagai runner up terbaik.

Sebelum laga ini, timnas masih sebagai juru kunci dari enam tim klasemen sementara runner up di semua grup. Namun, berkat tambahan tiga angka dan tujuh gol membuat Indonesia melesat naik ke peringkat dua, tepat di bawah Kirgizstan sebagai pemuncak grup dengan statur runner up terbaik.

Hasil manis ini juga sekaligus mengakhiri penantian selama 15 tahun Indonesia untuk bisa kembali berlaga di kompetisi elit antarnegara di Asia ini.

Piala Asia 2007 menjadi penampilan terakhir skuad Garuda di kompetisi ini. Kala itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Bertambah manis, peringkat Indonesia dalam ranking FIFA pun ikut naik berkat hasil ini.

Jika sebelumnya skuad Garuda bertengger di posisi ke-158, selepas laga ini peringkat timnas melesat ke urutan 155 usai mendapat tambahan 11,31 poin. Total, Marc Klok dan kolega mengoleksi 1019.10 poin.

Selamat Garuda!

Sumber Foto: PSSI.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS