1 September 2022

MILIKI KENANGAN BERKESAN DI STADION GELORA BUNG TOMO, IRFAN JAYA TEGASKAN KOMITMENNYA BERSAMA BALI UNITED

Surabaya akan selalu menjadi tempat yang spesial bagi salah seorang pemain Bali United, Irfan Jaya. Meskipun ia lahir dan dibesarkan di Bantaeng, Sulawesi Selatan, tetapi di Kota Pahlawan inilah bakat serta namanya dikenal di kancah sepak bola nasional.

Berangkat dari tim muda PSM Makassar pada tahun 2017, Irfan Jaya mantap bergabung ke Persebaya untuk mengawali karier profesionalnya. Bersama skuad Bajol Ijo, pemilik nama lengkap Irfan Samaling Kumi itu mengarungi kompetisi Liga 2 dan berusaha mengembalikan kejayaan tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu.

Laga Persebaya melawan Madiun Putra FC (20/7/2017) di Stadion Wilis menjadi debut perdana Irfan Jaya. Masuk ke lapangan dari bangku cadangan, ia turut serta membantu timnya meraih kemenangan tipis 1-0.

Semenjak saat itu, pemain yang identik dengan nomor punggung 41 ini menjelma menjadi sosok penting di dalam skuad Bajol Ijo. Dengan kecepatan serta kelincahannya menyisir sisi kanan lapangan permainan, Irfan Jaya menjadi pemain kunci di tim Persebaya.

Semakin manis, berkat penampilan impresifnya, Irfan Jaya mampu membantu Persebaya meraih tiket promosi ke Liga 1 pada tahun 2017. Dalam laga semifinal menghadapi Martapura FC (25/11/2017), ia tampil memukau.

Pada laga yang dihelat di Stadion Bandung Lautan Api tersebut, Irfan Jaya sukses mencetak dua gol pada menit 23 dan 38 yang membuat Persebaya menang dengan skor 3-1 atas Martapura FC. Berkat kemenangan ini, skuad Bajol Ijo melangkah ke partai final melawan PSMS Medan.

Irfan Jaya kembali menunjukkan magisnya pada laga final (28/7/2017). Dua gol krusial berhasil ia sarangkan ke gawang PSMS Medan pada menit 41 dan 90+1. Gol terakhirnya tersebutlah yang memastikan Persebaya menjadi kampiun Liga 2 sekaligus berhak melaju ke Liga 1.

Pada musim 2017 tersebut, sayap kanan berpostur 162 cm itu ditahbiskan sebagai pemain terbaik Liga 2 2017.

Sekembalinya Persebaya di Liga 1, Irfan Jaya juga masih menjadi sosok penting dalam permainan Bajol Ijo. Empat musim sudah dihabiskannya bermain untuk tim yang bermarkas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) itu.

Selama empat musim berseragam hijau –warna kebesaran Persebaya– pemain berusia 26 tahun ini mencatatkan 60 penampilan dan menyumbangkan 18 gol serta 11 assist di seluruh kompetisi Liga 1. Irfan Jaya pun menjelma menjadi sosok idola publik GBT.

Banyak orang mencintai dirinya. Bahkan ada seorang Bonek cilik bernama I Gede Deni Sanjaya yang rela bersepeda sejauh 90 km dari Mataram demi berjumpa Irfan Jaya.

Kini, kondisinya sudah berubah, Irfan Jaya telah menjadi bagian dari skuad Bali United sejak Januari 2022 lalu. Ia pun turut menjadi pemain yang mengantarkan Serdadu Tridatu menjuarai BRI Liga 1 2021/2022.

Memasuki musim BRI Liga 1 2022/2023, Irfan Jaya akan kembali lagi menjejakkan kakinya ke Stadion Gelora Bung Tomo pada tanggal 2 September besok sore. Kedatangannya kali ini tentu bukan untuk bernostalgia, melainkan demi membawa pulang poin penuh bagi Bali United.

Meskipun demikian, pemain yang akrab disapa Irja tersebut tentu kembali teringat dengan kenangan indahnya di stadion berkapasitas 46.806 kursi tersebut saat masih berseragam Bajol Ijo. Apalagi, ia sudah cukup lama tidak berkunjung ke Kota Surabaya semenjak hengkang dari Persebaya.

“Pasti saya sangat senang bisa kembali ke Surabaya. Setelah saya keluar dari Persebaya, saya belum pernah ke Surabaya lagi. Apalagi, hari Jumat besok saya akan bermain di GBT dan sudah 2,5 tahun saya tidak bermain di stadion GBT. Banyak sekali kenangan saya di sana,” ujar Irfan Jaya.

Irja pun antusias dapat kembali ke tempat dirinya pernah meniti karier tersebut. Namun, ia tetap bersikap profesional demi membela Bali United.

Penampilan terbaik tentu akan ia tunjukkan untuk membantu Serdadu Tridatu kembali memperpanjang catatan kemenangan musim ini. Sebab, Bali United saat ini sudah memenangkan tiga laga beruntun dan berkesempatan mendapatkan yang keempat.

“Saya sangat respek ke tim Persebaya yang telah membesarkan nama saya. Jika memang suatu saat saya mendapat kesempatan kembali, saya pasti senang. Namun, saat ini saya ingin fokus dulu di tim saya sekarang yaitu Bali United,” pungkas Irfan Jaya.

Bersama Bali United khususnya musim ini, Irfan Jaya bermain sangat baik. Dari tujuh laga, ia telah dipercaya turun 5 kali, berkontribusi mencetak satu gol cepat ke gawang Persik (27/8) serta dua assist untuk gol Serdadu Tridatu melawan Persija (23/7) dan PS Barito Putera (18/8).

Maju terus Irfan Jaya!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS