21 July 2022

PERNAH JALANI TRIAL DI SPANYOL, INILAH MOTIVASI ANAK ASUH SUTANTO TAN, ALTHAF AN ATA ANWAR IKUTI “THE NEXT GEN BALI”

Seleksi pemain Bali United Youth yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 20 hingga 22 Juli menarik banyak minat para talenta muda dari seluruh Indonesia. Total sebanyak 1.000 peserta telah mendaftarkan diri menjadi generasi baru pasukan Serdadu Tridatu.

Ajang bertajuk "The Next Gen Bali" ini tidak hanya menjadi alat untuk menjaring bakat muda dari seluruh Indonesia, tetapi juga menjadi wadah berkumpulnya banyak talenta potensial. Datang dari berbagai latar belakang daerah asal serta sekolah sepak bola (SSB), para peserta terlihat saling bertukar pengalaman dan cerita.

Dari ratusan peserta yang mengikuti seleksi ini, ada satu pemain yang terlihat mencuri perhatian dalam ajang seleksi ini. Dia adalah Althaf An Ata Anwar.

Pemain berusia 15 tahun itu menjadi salah satu peserta seleksi pada kelompok usia U-16. Berposisi sebagai gelandang, bocah yang akrab disapa Ata itu ternyata pernah menimba ilmu di Spanyol.

Tepat pada bulan April lalu, Ata berangkat pergi menjalani trial di Negeri Matador bersama kompatriotnya asal Indonesia. Pengalaman berharga pun didapatkan olehnya selama di Spanyol.

Pernah berhadapan dengan sejumlah klub besar di level internasional, Ata mempunyai kelebihan dari segi pengalaman.

“Saya ke Spanyol itu bulan April, tepatnya tanggal satu. Di sana saya mengikuti tim seleksi juga dari Indonesia waktu itu ada kejuaraan nasional yang diselenggarakan oleh Fosbi dan saya yang termasuk di bawa ke sana (Spanyol). Pengalaman yang sangat berharga di Spanyol, karena bisa bertemu tim-tim besar seperti Barcelona, Villarreal, Real Madrid, Manchester United, Liverpool, dan masih banyak lagi,” kata Ata.

Pemain binaan akademi Batam International Soccer Academy itu mengungkapkan rasa senangnya dapat menjajal program seleksi "The Next Gen Bali" bersama 1.000 peserta lainnya.

“Senang bisa bersaing dengan banyak peserta dari seluruh Indonesia, hampir 1.000 orang. Begitu tahu lolos, rasanya lega. Besok harus lebih baik lagi,” ujar Ata.

Ata pun mengungkapkan fakta menarik mengenai akademi tempatnya menuntut ilmu sepak bola. Ternyata, Batam International Soccer Academy itu merupakan milik eks pemain Bali United, Sutanto Tan.

Beruntung baginya, karena hubungan baik antara Sutanto Tan dan Bali United, Ata mendapat kesempatan direkomendasikan mengikuti seleksi ini.

“Saya berasal dari akademi BISA (Batam International Soccer Academy) milik Sutanto Tan. Jadi dari sana Kak Sutanto merekomendasikan saya untuk ke sini (menjalani seleksi Bali United),” jelas Ata.

Ata tidak menyia-nyiakan kesempatan besar yang dimilikinya. Ia menunjukkan kemampuan terbaiknya pada seleksi hari pertama (20/7).

Berkat penampilan maksimalnya, ia berhasil lolos seleksi tahap pertama dan berkesempatan melaju ke hari kedua. Ata pun semakin bersemangat dan berambisi mengikuti jejak mentornya, Sutanto Tan.

“Besar harapannya bisa menembus skuad Bali United ini dan mengikuti jejak Kak Sutanto juga,” harap Ata.

Selama menjalani seleksi, ia mempraktikkan sedikit ilmu yang telah diterimanya selama di Spanyol. Pengetahuan baru mengenai cara pemanasan dan strategi sepak bola modern menjadi salah satu hal yang Ata dapatkan.

“Jelas berbeda, sebab saat di sana, dari pemanasan saja sudah berbeda dan cara bermainnya juga sudah menerapkan sepak bola modern. Berbeda dengan Indonesia,” sambung Ata.

Lebih lanjut, Ata juga membandingkan kualitas lapangan Training Center Bali United di Pantai Purnama. Baginya, fasilitas latihan ini memiliki kualitas yang setara dengan yang ada di Spanyol.

“Lapangan ini jelas sangat bagus dan tidak kalah dengan lapangan di Spanyol. Harapan saya juga bisa menembus skuad utama dan menjadi pemain besar Bali United. Tidak lupa, terima kasih untuk akademi BISA yang sudah merekomendasikan saya ke sini," tutup Ata.

Berkat pengalaman serta pembinaan yang baik, Ata memiliki kesempatan besar untuk bergabung menjadi generasi baru Bali United. Namun, ia masih harus melewati tahap seleksi kedua hari ini (21/7).

Semangat Ata!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS