16 November 2022

SERIUS BERINOVASI MEMBANGUN SEPAK BOLA NASIONAL MELALUI PEMBANGUNAN TRAINING CENTER, KETUM PSSI APRESIASI BALI UNITED

Bali United boleh saja menjadi salah satu klub dengan usia muda di kancah sepak bola nasional. Dengan usia yang baru memasuki tujuh tahun, klub berjuluk Serdadu Tridatu ini memang masih kalah pengalaman mengarungi kerasnya kompetisi dibandingkan klub besar lain.

Namun, untuk soal inovasi dan kreasi, Bali United selalu berusaha menjadi yang terdepan. Beberapa kali klub yang berdiri pada tanggal 15 Februari 2015 ini menghadirkan sejumlah gebrakan baru di kancah sepak bola nasional.

Gebrakan tersebut bukan hanya dilakukan di dalam lapangan hijau dengan sukses menjuarai Liga 1 dua kali beruntun pada tahun 2019 dan 2021/2022 saja. Namun, di luar lapangan Bali United juga terus berkreasi.

Sebut saja menjadi klub olahraga pertama di Indonesia yang mampu Initial Public Offering (IPO) atau melantai di bursa saham pada tahun 2019 lalu. Kemudian, Bali United juga menjadi klub olahraga pertama di Indonesia yang mempunyai Non-Fungible Token (NFT) bernama Baliverse pada awal tahun 2022 ini.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, Bali United juga menjadi pelopor bagi klub Liga 1 untuk memiliki fasilitas training center pribadi berstandar internasional. Melalui proyek pembangunan Training Center di kawasan Pantai Purnama, Gianyar, Serdadu Tridatu menjadi pionir.

Secara progres, pembangunan Training Center Pantai Purnama tersebut terus berlangsung positif. Bahkan saat ini bukan hanya telah merampungkan tiga lapangan besar berstandar FIFA saja, tetapi juga sedang menggenjot pembangunan fasilitas penunjang lainnya.

Salah satu yang tengah dibangun adalah tribun penonton. Di mana, struktur tribun utama sudah mencapai 55% dan sayap tribun (kanan & kiri) telah dilakukan pemasangan pondasi tiang pancang.

Nantinya diperkirakan sebanyak 75 sampai 100 orang dapat menyaksikan latihan Bali United di atas tribun tersebut. Jika tanpa hambatan, target struktur tribun keseluruhan akan selesai pada Januari 2023 mendatang.

Training Center Pantai Purnama ini juga tidak hanya memiliki tribun saja, tetapi juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas ciamik lainnya seperti locker room, bathroom, cold pool, gym, VIP lounge, dan café.

Melihat sederet langkah inovasi dan gebrakan yang dilakukan oleh Bali United tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun memberikan pujian.

Pujian tersebut pun langsung disampaikan oleh pria yang akrab disapa Iwan Bule itu saat menyambangi fasilitas Training Center Pantai Purnama dan Stadion Kapten I Wayan Dipta pada hari Selasa (15/11) kemarin.

Orang nomor satu di sepak bola Indonesia itu kagum dengan keseriusan Bali United membangun sepak bola nasional secara serius dan maksimal. Maka dari itu ia tidak segan memberikan apresiasi tinggi sekaligus pujian.

“Terima kasih untuk Bali United yang terus membangun sepak bola secara serius dan maksimal untuk kepentingan kemajuan sepak bola Indonesia secara khususnya. Kita tentu inginkan membanggakan (Indonesia) di level ASEAN, Asia, dan dunia tentunya. Selamat terus membangun sepak bola untuk Indonesia jaya,” puji Iwan Bule.

Tidak hanya memuji, Iwan Bule juga mempertimbangkan sederet fasilitas mumpuni yang dikelola Bali United ini mulai dari Stadion Kapten I Wayan Dipta hingga Training Center Pantai Purnama menjadi tempat program pemusatan latihan Timnas Indonesia senior.

Agenda pemusatan latihan tersebut sendiri dilaksanakan sebagai bentuk persiapan skuad Garuda menyongsong Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023 mendatang.

“Karena sekali lagi, orang senang ke Bali, apalagi sekarang ada tempat berlatih sepak bola. Ini yang akan menjadi pertimbangan kami di PSSI berkaitan dengan TC Timnas senior yang akan bermain di AFF. Kami akan sampaikan ke tim hospitality untuk kembali meninjau termasuk juga lapangan Kapten I Wayan Dipta ini. Saya berterima kasih kepada Pak Pieter yang menawarkan untuk bisa latihan di sini. Tentunya ini menjadi catatan kami dan nantinya akan diinstruksikan dengan direktur teknik, bagian hospitality, dan tentunya pelatih Shin Tae-yong,” pungkas Iwan Bule.

Maju terus sepak bola nasional!

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS