9 July 2022

SERUPA TAPI TIDAK SAMA, YUK INTIP KESERUAN ANTARA BALI UNITED & KEDAH FC DALAM SERUMPUN CHALLENGE!

Kompetisi AFC Cup 2022 memberi pengalaman berharga bagi tim Bali United. Walaupun langkah Serdadu Tridatu harus terhenti di fase grup, tetapi ada banyak pelajaran yang dipetik.

Ajang yang mempertemukan tim-tim kuat di kawasan Asia ini bukan hanya soal adu gengsi dan kekuatan antarklub semata. Namun, juga menunjukkan nilai-nilai sportivitas serta persaudaraan di dalamnya.

Meskipun semua peserta pasti ingin meraih kemenangan dan kejayaan, tetapi ada semangat kekeluargaan yang juga turut diusung. Khususnya di dalam Grup G yang dihuni oleh tim asal Asia Tenggara yakni Bali United (Indonesia), Kedah Darul Aman FC (Malaysia), Visakha FC (Kamboja), dan Kaya FC Iloilo (Filipina).

Melihat hal tersebut, Bali United pun membagikan pesan persaudaraan dengan tim asal Negeri Jiran, yaitu Kedah Darul Aman FC. Sebagaimana diketahui, bahwa terdapat rivalitas klasik antara Indonesia dan Malaysia di level tim nasional.

Pertandingan yang mempertemukan kedua negara tersebut selalu berlangsung panas dan sarat gengsi. Padahal, Indonesia dan Malaysia merupakan negara satu rumpun, sehingga mempunyai banyak kesamaan satu sama lain. Antara lain kebudayaan, makanan, adat, hingga bahasa.

Melalui sebuah video kolaborasi, Serdadu Tridatu dan Sang Kenari –julukan Kedah FC– mencoba membagikan keceriaan antara dua tim serumpun ini. Konten tantangan bertajuk “Serumpun Challenge” mempertemukan perwakilan seorang pemain dari kubu Bali United yaitu Ahmad Agung dan Kedah FC yaitu Mohd Asnan Ahmad. Mereka berdua akan saling membalas istilah dalam sepak bola dengan bahasa di masing-masing negara mereka. 

"Free Kick dalam bahasa Indonesia itu tendangan bebas," ujar Ahmad Agung. 

"Dalam bahasa melayu sepakan percuma," dibalas Mohd Asnan Ahmad.

Ternyata, terdapat beragam perbedaan istilah di dalam bahasa Indonesia dengan Malaysia. Selain istilah free kick tadi, istilah lain yaitu clean sheet juga mengalamai perbedaan yang sangat mencolok. 

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti tidak kebobolan atau nirbobol sedangkan di negara Malaysia istilah clean sheet dimengerti sebagai tidak bolos.

Sejumlah perbedaan tersebut hanyalah sekadar dalam pengucapan istilah belaka, tetapi yang terpenting adalah sepak bola yang menyatukan semuanya.

Semeton yang penasaran bagaimana keseruan “Serumpun Challenge” ini bisa langsung menyaksikannya di kanal YouTube Official Bali United.

Related News


Tinggalkan Balasan

SPONSORS
MEDIA PARTNERS