INI UNGKAPAN SPASOJEVIC SOAL VAR YANG AKAN DITERAPKAN DI BABAK CHAMPIONSHIP SERIES!

02 May 2024, 19:55 GMT+0700

Bali United FC memperoleh ilmu baru melalui sosialisasi Video Assistant Referee (VAR) oleh operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) hari Kamis (2/5) siang di Bali United Training Center.

Salah satu penyerang Bali United FC, Ilija Spasojevic mengungkapkan soal penerapan VAR yang akan menjadi pihak lain yang membantu keputusan wasit dalam lapangan.

Sebab pemain naturalisasi ini paham bila keputusan seorang wasit bisa salah sebagai manusia sehingga dengan hadirnya VAR akan membantu kinerja wasit untuk bisa lebih adil bagi tim yang bertanding.

“Tadi kami sudah menerima ilmu dari sosialisasi  VAR agar kami lebih paham mengenai hal ini. Semoga saja nanti bisa bermanfaat untuk babak semifinal nanti,” ucap Spasojevic mengawali.

Sebagai pemain dengan segudang pengalamannya di lapangan hijau, Spaso pun setuju dengan kehadiran VAR yang akan diterapkan saat babak Championship Series musim ini.

“Sangat setuju karena akan membantu untuk memperoleh keadilan di lapangan. Kita tahu wasit juga manusia yang tidak terlepas dari kesalahan. Ketika ada VAR ini bisa membantu wasit untuk menilai lebih obyektif dan mengurangi kesalahan,” jelas Spasojevic.

Kehadiran VAR ini tidak sepenuhnya bisa merubah keadaan dalam mengambil keputusan di lapangan.

VAR akan membantu 4 hal dalam membantu wasit mengambil keputusan yang tepat yaitu perihal gol atau tidak, kartu merah langsung atau tidak, penalti atau tidak, dan kesalahan yang terjadi di lapangan.

Seperti yang diketahui, babak Championship Series sendiri akan mempertemukan empat tim teratas di klasemen BRI Liga 1 2023/24 yang telah menuntaskan fase reguler 34 pekan pertandingan.

Borneo FC Samarinda menjadi pemuncak klasemen dengan 70 poin, disusul Persib Bandung dengan 62 poin, kemudian Bali United FC dengan 58 poin dan Madura United FC dengan 55 poin.

Babak semifinal dan final akan berlangsung dengan laga kandang dan tandang dimana peringkat pertama bertemu peringkat keempat dan posisi kedua bersua dengan posisi ketiga.

Artinya, Borneo FC Samarinda akan bertemu dengan Madura United FC dan Bali United FC akan berduel dengan Persib Bandung.

Keempat tim akan berjuang memperebutkan tiket babak final Championship Series musim ini.***


Related Article