INDONESIA KALAHKAH KOREA SELATAN, TERNYATA BALI UNITED PERNAH JUMPA TIM ASAL KOREA SELATAN, SIMAK DISINI!

26 April 2024, 16:45 GMT+0700

Timnas Indonesia sukses kalahkan Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar hari Kamis (24/4) waktu Qatar dan Jumat (25/4) subuh di Indonesia.

Brace Rafael Struick ditahan imbang dengan dua gol Korea Selatan di waktu normal sehingga berujung waktu tambahan dan drama adu penalti.

Pada drama adu penalti, Indonesia berhasil menang 11-10 dari Korea Selatan setelah dua tepisan berharga Ernando Ari mampu menyelamatkan gawang Indonesia.

Laga itu sendiri berlangsung dramatis mengingat sepanjang waktu normal hingga adu penalti, situasi emosional dalam lapangan terjadi.

Beberapa laga sempat dihentikan karena proses pemeriksaan Video Assistant Referee (VAR) yang diterapkan.

Alhasil, beberapa momentum dianulir yang menguntungkan Indonesia seperti gol pertama Korea Selatan yang dianggap lebih dulu offside.

Kemudian momentum Ivar Jenner dilanggar oleh pemain Korea Selatan dan berujung kartu merah.

Hingga proses kemenangan tepisan penalti Korea Selatan yang dianulir karena dianggap lebih dulu bergerak sebelum ditendang oleh pemain Indonesia.

Kendati demikian, laga itu sendiri berkeadilan dan menjunjung fairplay di bawah kepemimpinan wasit asal Australia, Shaun Evans.

Kemenangan Indonesia yang berlanjut ke babak semi final ini pun mendapat respons positif dari pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

“Kabar bagus kita senang Timnas Indonesia bisa menang lawan Korea Selatan. Kita semua tahu situasi tidak mudah,” ujar Coach Teco.

Ternyata Serdadu Tridatu sendiri pernah merasakan bagaimana kualitas dari permainan tim asal Korea Selatan.

Hal itu terjadi pada awal tahun 2024 di tengah jeda kompetisi Liga 1 dalam mempersiapkan timnya usai libur akhir tahun 2023 lalu.

“Pada bulan Januari lalu juga kami dari Bali United main satu laga uji coba dengan tim K-League (Daejon Hana Citizen) di Vietnam. Kita bisa lihat kualitas dari mereka pada waktu itu,” terang Coach Teco.

Saat itu Bali United kalah 1-0 dari Daejon Hana Citizen di pagelaran turnamen Hana Bank BIDV Cup 2024 lalu di Vietnam.

Meski kalah tipis, tetapi sepanjang pertandingan kualitas permainan dari tim Korea Selatan juga sangat bagus.

Pengalaman penting itulah menjadi ajang pembelajaran para pemain sehingga konsisten tampil di Liga 1 musim ini.

Bali United sendiri dipastikan mengantongi satu tiket ke babak Championship Series meski menyisakan satu laga pekan ke-34 musim reguler BRI Liga 1 2023/24.

Bali United berada di peringkat ketiga di klasemen dengan memperoleh 58 poin dari 17 kemenangan, 7 hasil imbang dan 9 kekalahan.***


Related Article